5 Klub Sepakbola Tertua di Dunia

Sejak dulu, sepakbola bisa dibilang sebagai olahraga paling populer di dunia. Dalam sejarahnya, Inggris dan China menjadi 2 negara yang dikatakan menjadi pelopor dalam perkembangan olahraga yang satu ini. Namun ternyata, Sebuah klub sepakbola di Britania Raya sudah lahir jauh sebelumnya dan diperkirakan sudah berumur satu abad.

Lantas siapakah klub sepakbola tertua di dunia? Kali ini Parkirbus telah merangkumnya dan berikut ulasannya!

  • Nottingham Forrest

Nottingham Forrest sudah berdiri sejak tahun 1865. Namun karena belum banyak klub inggris yang berdiri pada masa tersebut, membuat Nottingham Forrest baru ikut serta di kompetisi ajang profesional pada tahu 1888. Walaupun saat ini mereka hanya bermain di divisi 2, mereka pernah berjaya dengan memenangi liga Champions sebanyak 2 kali berturut-turut. Nottingham Forrest menjadi salah satu Klub Sepakbola Tertua di Dunia

  • Stoke City
Klub Sepakbola Tertua - Stoke City

Stoke City menjadi satu-satunya klub yang lahir pada tahun 1863 dan masih bertahan di liga teratas Inggris hingga hari ini. Pada awalnya, klub Stoke City bernama Stoke Rambles FC. Klub Stoke City mulai bermain secara regular di EPL sejak musinm 2006/2007.

  • Cray Wanderers FC
Klub Sepakbola Tertua - Cray Wanderers FC

Cray Wanderers FC pernah berjaya di selatan Inggris. Saat ini, klub yang lahir pada tahun 1869 tersebut bermain di divisi ke-7 Liga Inggris. Meskipun terlihat jauh dari kasta tertinggi di Liga Inggris, namun Cray Wanderers FC masih berdiri hingga saat ini. Cray Wanderers FC masih tetap menjaga harapan agar tetap bisa tampil di EPL. Dengan umurnya yang sudah tua, Cray Wanderers FC baru masuk ke Liga Pro pada tahun 1950, yang berarti hal ini terjadi saat usia dari Cray Wanderers FC sudah 90 tahun sejak berdiri.

  • Hallam FC
Klub Sepakbola Tertua - Hallam FC

Hallam FC berdiri di tahun yang sama dengan berdirinya Cray Wanderers pada tahun 1860. Hallam FC baru resmi mengikuti kompetisi amatir setelah usia klub ini menginjak 7 tahun perjalanannya. Namun rupanya kedua tim tersebut sebenarnya adalah tim olahraga kriker yang berevolusi menjadi klub sepakbola karena perkembangannya yang pesat. Sandygate, stadion yang Hallam FC gunakan saat ini merupakan gelanggang olahraga tertua dan juga Klub Sepakbola Tertua di Dunia yang dicatat dalam Guiness Book of Record

  • Sheffield United
Klub Sepakbola Tertua - Sheffield United

Sheffield United menjadi Klub Sepakbola Tertua di Dunia sepanjang sejarah. Sheffield United lahir pada tahun 1857 atau tiga tahun setelah Hallam FC lahir. Pertandingan pertama mereka dalam kompetisi profesional terjadi pada tahun 1867, dalam pertandingan internasional Sheffield United melawan Hallam FC.

Itulah 5 Klub Sepakbola Tertua di Dunia yang berhasil Parkirbus rangkum. Yang mana jadi idolamu?