5 Klub Terbaik Eropa

Seringkali menjadi perdebatan, manakah klub yang menjadi terbaik di dunia? Dan bagaimana hal tersebut ditentukan?

Sebenarnya ada banyak hal yang menjadi kriteria untuk menentukan klub terbaik di dunia. Selama bertahun-tahun, terlihat bahwa tim-tim paling konsisten di lima liga sepak bola teratas di benua itu dan di kompetisi Eropa karena memiliki kualitas dan ketersediaan stok pemain yang memadai di semua posisi di lapangan.

Kali ini Parkirbus telah merangkum 5 klub terbaik Eropa, siapa sajakah mereka?

Inter Milan

Klub Terbaik Eropa - Inter Milan

Juara Serie A ini menjasi salah satu klub yang masuk ke dalam daftar klub terbaik Eropa. Inter Milan Antonio Conte menjadi salah satu klub dengan daftar skuad paling stabil di Eropa.

Dimulai dari lini depan Inter Milan yang terdiri dari dua penyerang terbaik di dunia yaitu Lautaro Martinez dan Romelu Lukaku yang didukung dengan kehadiran Alexis Sanchez meski penampilan Sanchez masih naik turun namun dirinya adalah pemain cadangan yang juga berkualitas.

Lini tengah diisi oleh Danilo d’Ambrosio dan Ashley Young membantu lini serang Inter sekaligus memenuhi kewajiban pertahanan. Dengan cadangan yang tak kalah bagus diisi oleh Kwadwo Asamoah dan Achraf Hakimi. dan masih banyak lagi pemain-pemain di bawah payung Inter Milan yang membantu Nerazzurri menjalani kampanye domestik dan Eropa. Hanya terpaut satu poin dari sang juara Juventus dan gagal dalam thriller lima gol melawan Sevilla di final Liga Europa.

Chelsea

Klub Terbaik Eropa - Chelsea

Chelsea kini dijagokan untuk bisa meruntuhkan dominasi Manchester City dan Liverpool di pentas Liga Inggris musim ini dengan strategi yang di dukung oleh Duo Jerman Kai Havertz (gelandang serang) dan Timo Werner (striker) yang didatangkan dari Bundesliga, Malang Sarr dan Thiago Silva, kiper Kepa Arrizabalaga dan duet striker Chelsea Tammy Abraham dan Olivier Giroud.

Dan tidak lupa di lini tengah, Havertz melengkapi pemain seperti Mateo Kovacic, Mason Mount, Willian, N’Golo Kante dan Jorginho.

Liverpool

Dengan pertahanan yang dibuat menggunakan penjaga gawang terbaik dunia, Alisson Becker yang memainkan 37 pertandingan musim lalu. Juga duo bek sayap Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson yang dianggap terbaik pula di dunia, dan kehadiran Fabinho, Georginio Wijnaldum, James Milner, Jordan Henderson, serta Alex Oxlade-Chamberlain. Pemain belia model Curtis Jones menjadi opsi cadangan.

Hal ini yang membuat Liverpool masuk ke dalam daftar klub terbaik Eropa karena skuad dengan anggota yang memiliki talenta-talenta cemerlang.

Manchester City

Klub Terbaik Eropa - Manchester City

Belakang, klub yang diasuh oleh Pep Guardiola ini memiliki kekuatan yang mendominasi. Manchester City juga berhasil memecahkan gelar Liga Champions dengan modah skuad yang tergolong mahal.

Bagaimana tidak? Saat ini Manchester City memiliki Ederson Moares sebagai penjaga gawang degan kemahiran yang super dalam hal ketahanan bola. Di posisi Bek ada Aymeric Laporte yang didukung oleh Nicolas Otamendi dan John Stones. Di daerah gelandang Mancehster City juga memiliki Rodri dan Fernandinho lebih dari sekadar gelandang bertahan yang cakap dan di tengah ada trio Phil Foden, Ilkay Gundogan dan Kevin De Bruyne yang lincah. Dan masih banyak lagi pemain mahal dan berkualitas yang mengisi posisi di Manchester City.

Dengan skuad yang sudah dirancang sedemikian rupa, tak heran apabila Manchester City menjadi salah satu klub terbaik Eropa saat ini.

Bayern Munchen

Klub Terbaik Eropa - Bayern Munchen

Raksasa Bavaria Bayern Munchen bisa dibilang memiliki skuad terbaik di Eropa saat ini. Dibawah naungan Hansi Flick, Bayern Munchen telah bertransformasi menjadi salah satu tim yang berhasil mencetak banyak gol.

Bayern Munchen memiliki skuat yang membuat iri yang dapat mendominasi lanskap sepak bola klub Jerman dan kontinental seperti yang dilakukan Barcelona satu dekade lalu.

Dereten pemain berkelas seperti, Robert Lewandowski, Serge Gnabry, Leroy Sane, Leon Goretzka, Joshua Kimmich, Javi Hernandez, Michael Cuissance, Corentin Tolisso, Manuel Neuer dan lainnya menjadikan Bayern Munchen sebagai salah satu Klub terbaik Eropa pada saat ini.