5 Pelatih Bola Terbaik Sepanjang Masa

Pelatih punya tanggung jawab besar untuk membuat prestasi bagi tim yang dibelanya. Pelatih memiliki peran yang sangat penting dan krusial dalam sebuah tatanan tim. Strategi, inovasi, dan juga metode permainan adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang pelatih handal.

Berikut ini adalah daftar pelatih bola terbaik yang telah menyabet banyak gelar di tim yang mereka latih.

  1. Ottmar Hitzfeld
Pelatih Bola Terbaik Sepanjang Masa, Ottmar Hitzfeld

Ottmar Hitzfeld merupakan salah satu pelatih bola terbaik asal Jerman. Pemain yang cukup sukses di klub Liga Jerman, VFB Stuttgart ini pertama kali terjun ke dunia pelatihan pada tahun 1983. Kemudian ia melanjutkan kepelatihannya ke jenjang yang lebih professional bersama Bourussia Dortmund pada tahun 1991.

Kehadiranya pun mampu membawa Dortmund mencapai dua final Liga Champions Eropa berturut-turut dan memenangkan gelar pada 1996-1997. Kala itu Dortmund mengalahkan Juventus di final.

Setelah itu Hitzfield beralih ke Bayern Munchen. Dengan strateginya, Dortmund berhasil membawa Munchen ke beberapa final Liga Champions dalam tiga musim sejak 1998 hingga 2001.

Hitzfield juga sempat memenangkan Liga Jerman dalam kepelatihannya bersama Munchen. Setelah itu ia menjalani karier di tim nasional Swiss pada tahun 2010 dan 2014.

Meskipun saat ini Hitzfield sudah tak lagi melatih, ia tetap dikenal sebagai pelatik ola terbaik sepanjang masa. Mantan profesor matematika ini telah menginspirasi banyak pesepakbola dan pelatih di Jerman.

2. Vicente Del Bosque

Pelatih Bola Terbaik Sepanjang Masa, Vicente Del Bosque

Sebelum menjadi pelatih bola terbaik, Vicente Del Bosque sebelumnya bermain untuk klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan memulai karier kepelatihannya pada tahun 1994.

Vicente Del Bosque menjalani tugas sebagai pelatih Real Madrid pada 1999 dan turut membantu Real Madrid menjadi klub terhebat dunia pada awal 2000-an. Begitupun kariernya semakin cemerlang saat ia mampu menyabet gelar La Liga Spanyol pada 2000-2001 dan 2002-2003 lalu.

Vicente Del Bosque menjalani karir baru sebagai pelatih Timnas Spanyol pada tahun 2008. Dan Spanyol memenangkan gelar Piala Dunia perdananya pada tahun 2010.

Vicente Del Bosque mengundurkan diri setelah Piala Dunia tahun 2014.

3. Marcello Lippi

Pelatih Bola Terbaik Sepanjang Masa, Marcello Lippi

Memenangkan gelar Liga Champions UEFA dan Piala Dunia, membuat Marcello Lippi menjadi salah satu pelatih bola terbaik di Italia. Marcello Lippi merupakan pelatih yang cerdik dan sangat menginspirasi banyak sesepak bola dan juga pelatih muda.

Marcello Lippi bermain untuk klub Italia, Samprodia dan memulai karier kepelatihannya pada tahun 1985. Menjadi pelatih Juventus di tahun 1994 dan membawa mereka ke tiga final Liga Champions berturut-turut pada 1995 hingga 1998.

Marcello Lippi juga menjadikan Juventus sebagai tim terkuat di dunia selama akhir 1990-an hdan awal 2000-an. Menjadi satu-satunya pelatih yang mampu membawa klub ini ke empat final final Liga Champions.

4. Rinus Michels

Pelatih Bola Terbaik Sepanjang Masa, Rinus Michels

Rinus Michels merupakan pelatih yang menanamkan filosofi total sepakbola pertama di Ajax Amsterdam. Rinus Michels sering menjadi pelopor dalam sepakbola dunia. Gaya sepakbola tersebut tidak membuat pemain harus berada dalam posisi pasti. Mereka biasanya saling mengisi rekan satu tim lainnya.

5. Sir Alex Ferguson

Bukan tanpa sebab Sir Alex Ferguson dijadikan sebagai pelatih terbaik sepanjang masa. Pasalnya, tidak ada pelatih lain yang bisa mendekati pencapaian Sir Alex Ferguson dalam hal prestasi di keseluruhan dunia sepak bola. Sir Alex Ferguson telah engubah Manchester United dan menjadikan tim asal Inggris ini menjadi tim seak bola terbesar dan populer.

Menjadi pelatih bagi Manchester United selama 27 tahun dan memenangkan 38 gelar untuk MU. Dan juga membuat The Red Devils memenangkan gelar Liga Inggris pertama pada 1990-1991.

Setelah itu, Sir Alex Ferguson mengumpulkan total 12 gelar Liga Inggris sbeelum mengundurkan diri sebagai pelatih Man United pada 2013. Ia juga memenangkan Liga Champions dua kali dan menjadi runner-up dua kali. Man United mencapai tiga final Liga Champions dalam 4 musim sejak 2007 hingga 2011.

Selain menjadi ahli taktik yang handal, Sir Alex Ferguson adalah seorang pengintai bakat yang handal. Ia telah menandatangani pemain-pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo, David Beckham, Eric Cantona, dan masih banyak lagi.