5 Pelatih Muda Berbakat di Liga Eropa

5 Pelatih Muda Berbakat di Liga Eropa

5 Pelatih Muda Berbakat di Liga Eropa

Pelatih atau Manager memang menjadi salah satu elemen penting dalam setiap tim sepakbola. Gaya permainan, taktik di lapangan dan soliditas tim menjadi tugas terpenting bagi tiap pelatih. Bisa dibilang, pelatih adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam tiap kesebelasan.

Di Eropa sendiri tiap tahunnya melahirkan pelatih-pelatih muda berbakat. Mayoritas adalah mantan pemain yang sudah pensiun yang mencoba peruntungan di dunia kepelatihan. Berbicara mengenai pelatih muda, siapa saja sosok pelatih muda terbaik di Eropa saat ini? Berikut ini 5 pelatih muda potensial dari benua Eropa.

1. Gary Monk
Setelah Michael Laudrup hengkang dari kursi pelatih Swansea City di musim 2014/2015, Monk yang saat itu menjabat sebagai asisten sekaligus pemain di lapangan ditunjuk untuk menggantikan pelatih asal Denmark tersebut. Hasilnya cukup memuaskan, pelatih berusia 36 tahun tersebut berhasil membawa Swansea tetap bercokol di 10 besar Premier League.

2. Thomas Tuchel
Pelatih 41 tahun yang kerap disamakan dengan Juergen Klopp ini adalah salah satu pelatih muda terbaik di Jerman. Setelah sukses menangani Mainz 04, Tuchel direkrut Dortmund untuk menggantikan Klopp. Hasilnya cukup memuaskan, Dortmund kembali bisa menyaingi Bayern Munchen di papan atas Bundesliga.

3. Murat Yakin
Mantan pemain timnas Swiss berusia 41 tahun ini menuai kesuksesan bersama FC Basel. Setelah itu, pelatih keturunan Turki ini direkrut oleh klub Russia, Spartak Moscow. Yakin berada di deretan pelatih muda terbaik Eropa saat ini.

4. Frank De Boer
Legenda sepakbola Belanda ini mencuat namanya setelah berhasil mengantarkan Ajax Amsterdam meraih gelar Eredivisie selama tiga musim berturut-turut. Tangan dinginnya juga membuat talenta-talenta muda akademi Ajax mendapatkan kesempatan bermain di level senior.

5. Roberto Martinez
Sukses bersama Wigan, Martinez kemudian diangkut oleh Everton yang saat itu baru saja kehilangan pelatihnya. Roberto Martinez sukses membawa Everton tetap menjadi kuda hitam di ajang Premier League. Di tangan Martinez, permainan Everton sangat atraktif dan memukau.

Itu tadi 5 pelatih muda terbaik Eropa saat ini. Dengan semangat dan visi yang baru, pelatih muda memang bisa diandalkan untuk memberikan sesuatu yang terbaik. Tak heran jika banyak klub Eropa mulai berani mempercayakan kursi kepelatihan kepada para pelatih muda.

Skip to toolbar