5 Pemain Bola Tertua, Main Bola Umur 71 Tahun!

Permainan sepakbola sangat mengandalkan stamina dan kondisi prima dari para pemainnya. Klub sepakbola teratas diyakini akan kesulitan di masa mendatang jika hingga hari ini masuk selalu mengandalkan pemain berusia tua.

Namun dengan begitu, usia tua tidak selalu mengahalangi pemain top Eropa untuk unjuk gigi, seperti contohnya Cristiano Ronaldo. Saat ini usia Ronaldo tidaklah muda lagi, yakni 35 tahun. Namun dirinya masih membintangi Juventus hingga hari ini.

Selain Ronaldo, ada beberapa pemail lain yang diberi kesempatan untuk tetap merumput di usianya yang tidak muda lagi sebagai seorang atlet. Inilah empat pemain bola tertua versi Parkirbus

5. Andrea Pierobon, 45 tahun

Pemain bola tertua - Andrea Pierobon

Kiper yang sudah malang melintang di ajang kompetisi Serie B dan Serie C Italia ini tercatat pernah mencicipi klub seperti Venezia, Treviso, Citadella dan SPAL.

Kemampuannya yang luar biasa membuatnya tak heran di usiahnya yang sudah tak lagi muda membuatnya masih berkarir di dunia sepak bola Italia.

4. Cristian Gonzales, 44 tahun

Pemain bola tertua - Cristian Gonzales

Menyentuh usia 44 tahun, Cristian Gonzales tetap aktif bermain. Pemain naturalisasi asal Uruguay ini memulai peruntungan di Indonesia dengan membela PSM Makassar pada tahun 2003 silam.

Saat ini, pemain yang sering di juluki sebagai El Loco berada di bawah naungan PSIM Yogyakarta dan belum berniat untuk pensiun. Sepanjang kariernya ia tercatat 28 kali membela Timnas Indonesia dengan rekor produktivitas 15 gol. Pantas bila label pemain sepakbola tertua jatuh kepada dirinya.

3. Kazuyoshi Miura, 53 tahun

Pemain bola tertua - Kazuyoshi Miura

Pesepak bola asal Jepang yang tetap aktif meski usianya sudah menginjak 53 tahun ini memperpanjang kontraknya dengan klub Yokohama FC di J-League 2 pada tahun lalu. Kazuyoshi Miura menjadi pemain sepakbola tertua di Jepang.

2. Neil McBain, 51 tahun

Neil McBain dipaksa menjadi kiper dadakan kala Klub New Brighton melawan Harterpol United setelah kipernya dihantam cedera. Neil McBain sebenarnya adalah manager klub New Brighton itu sendiri.

Namun siapa yang menyangka bahwa momen yang terjadi pada 15 April 1974 ini membuat Neil menjadi salah satu pemain bola tertua.

  1. Salvador Reyes, 71 tahun
Pemain bola tertua - Salvador Reyes

Menjadi seorang legenda, Salvador Reyes, menjalani tampil bersaa klub kebanggaannya, Chivas Guadalajara pada 2008 lalu. Saat itu usianya telah menginjak 71 tahun. Mengingat usianya yang sudah senja, ia hanya diberikan kesempatan beberapa detika saja setelah peluit panjang ditiup tanda permainan dimulai.

Hal ini terjadi lantaran petinggi tim ingin memberikan kesempatan sebagai bentuk penghormatannya kepada sang legenda. Salvador Reyes tutup usia pada 29 Desember 2012 lalu. Tepat di usianya ke 76 tahun.