5 Pesepakbola Paling Dermawan

Menjadi bintang lapangan sudah pasti menjadi simbol kemewahan untuk para pemain professional. Tak heran sebagai penyerang hebat seperti Cristiano Ronaldo memiliki gaya hidup yang mewah.

Meskipun bergelimang harta, beberapa pesepak bola dunia juga dermawan sehingga terbiasa berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan dengan rutin menjadi donatur dalam berbagai macam organisasi dan acara amal.

Seperti pada Piala Dunia 2018 yang selain dijadikan ajang perlombaan bergengsi, namun momen ini juga dijadikan ajang untuk beramal. Beberapa pemain bintang pun tak tanggung-tanggung untuk menyumbangkan sebagian penghasilannya dalam jumlah yang fantastis!

Lalu siapa saja kah pesepakbola paling dermawan? Selain CR7, parkirbus telah merangkum 5 pesepakbola paling dermawan. Berikut daftarnya

  1. Cristiano Ronaldo

Mega bintang Juventus yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak pesepakbola yang paling dermawan. CR7 rutin menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk amal. Pada tahun 2015 CR7 pernah dinobatkan sebagai atlet yang paling sering berdonasi. Tak tanggung-tanggung, pada saat ia masuk ke dalam kategori UEFA Men’s Player of the Year pada 2013, Ronaldo mendapatkan bonus sebesar 89 ribu poundsterling yang mana bila dirupiahkan ada sekitar 1,7 Miliar. Bonus tersebut langsung ia sumbangkan ke Palang Merah.

2. Mohamed Salah

Pesepak bola tim nasional Mesir, Mohamed Salah juga menjadi salah satu pesepakbola paling dermawan. Tak tangung-tanggung, Mohamed Salah mendirikan yayasan amalnya sendiri. Diketahui yayasan yang didirikannya sudah membantu 450 ribu keluarga secara finansial dengan memberikan tunjangan setiap bulannya. Selain itu Bintang Liverpool FC ini dikabarkan sering menyumbangkan penghasilannya untuk beragam kegiatan amal seperti pembangunan rumah sakit di Mesir, pembangunan masjid di Italia dan donasi untuk National Cancer Institute atas peristiwa serangan teroris di Kairo.

3. Neymar Jr

Terlahir dari keluarga yang kurang mampu membuat Neymar Jr juga masuk ke dalam daftar pesepak bola paling dermawan. Sejak dulu Neymar sangat mengerti rasanya tidak memiliki apa-apa, hal ini yang memotivasi dirinya untuk mendirikan yayasan untuk anak di Brasil yang saat ini dikelola keluarganya. Pada tahun 2020, saat Pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia, Neymar ikut serta dalam kegiatan sosial dan menyumbangkan 880 ribu euro atau setara dengan 16 miliar rupiah kepada UNICEF untuk penanganan pandemi Covid-19 di seluruh dunia.

4. Mesut Ozil

Menjadi bintang lapangan dan juara Piala Dunia 2014 di Brazil adalah salah satu dari sekian banyak faktor Mesut Ozil mendapatkan gaji dan bonus dengan angka yang fantastis kala itu. Alih-alih menggunakan penghasilannya untuk berfoya-foya, sebagai bentuk rasa syukurnya Ozil justru mendonasikan bonusnya untuk biaya operasi 23 anak di Brazil.

Mantan pemain Real Madrid ini juga menyumbangkan 80 ribu poundsterling atau setara dengan 1,5 miliar rupiah kepada badan yang ada di kampung halaman orangtuanya di Turki. Nominal fantastis ini ia berikan untuk 2.000 makanan yang akan dibagikan kepada keluarga muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan 2020 lalu.

5. Kylian Mbappe

Menjadi bintang muda yang bersinar di mata dunia membuat Mbappe juga memiliki penghasilan fantastis jauh di atas orang-orang seusianya. Namun hal ini tidak lantas membuatnya menjadi orang yang berfoya-foya. Dikabarkan Gaji Mbappee yang ia terima saat membela Piala Dunia 2018 disumbangkan untuk kegiatan amal.

Donasi besar juga Mbappe berikan untuk bantu hadapi krisis di Prancis saat pandemi 2020 lalu. Sejumlah dana yang diberikan Kylian Mbappe digunakan untuk penyaluran darurat seperti air, alat-alat kebersihan dan juga makanan untuk warga di tengah pandemi. Tak heran hal ini membuat Kylian Mbappe masuk ke dalam 5 pesepak bola paling dermawan.