AC Milan Tutup Musim Dengan Kekalahan

AC MilanAC Milan mengakhiri Serie A 2016/2017 tanpa poin. Diwarnai sebuah penalti yang gagal dan kartu merah, Il Diavolo Rosso dipermalukan Cagliari dengan skor 1 – 2.

AC Milan sudah dipastikan memperoleh satu kursi ke Liga Europa untuk musim depan. Kemenangan atas Bologna pekan lalu memastikan tim asuhan Vincenzo Montella tampil di fase kualifikasi Liga Europa.

Berkunjung ke markas Cagliari di pertandingan giornata 38 Serie A di Stadio Sant’Elia, Minggu (28 Mei 2017) malam WIB, AC Milan tidak diperkuat oleh beberapa kuncinya seperti Gerard Deulofeu, Alessio Romagnoli, dan Luca Antonelli. Keisuke Honda yang akan hengkang dari San Siro memperoleh kesempatan untuk main sejak awal sebagai kapten.

Menghadapi Cagliari, AC Milan sudah nampak berada dalam tekanan. Benar saja, gawang yang dikawal Gianluigi Donnarumma akhirnya bobol di menit ke-17. Menerima umpan terobosan Marco Borriello, Joao Pedro yang lolos dari jebakan offside sukses membobol gawang AC Milan melalui sepakan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh.

AC Milan punya kesempatan mencetak gol balasan di menit ke-21, tapi upaya Carlos Bacca yang meneruskan bola sundulan dari Gabriel Paletta masih bisa dihalau oleh Luca Crosta. Il Rossonerri memperoleh peluang emas untuk menyamakan skor di menit ke-63 setelah mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih usai Paletta dilanggar oleh Ionita. Tapi Bacca yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Sepakannya ke arah kir Crosta bisa ditepis.

AC Milan kembali memperoleh hadiah penalti di menit ke-72 setelah Bacca dilanggar oleh Luca Crosta. Kali ini Gianluca Lapadula yang tampil sebagai eksekutor berhasil memaksimalkannya menjadi gol dan mengubah skor menjadi 1-1.

Namun tiga menit setelah mencetak gol, AC Milan harus kehilangan Paletta yang mendapat kartu kuning kedua. Ini adalah kartu merah kelima yang diterima oleh Paletta di sepanjang musim ini. Cagliari mendapat sejumlah peluang bagus untuk memenangi pertandingan.

Usaha yang dilakukan oleh Cagliari akhirnya menjadi gol pada menit ke-93. Tendangan bebas Joao Pedro awalnya bisa ditepis Donnarumma. Tapi bola muntah jatuh ke kaki Fabio Pisacane yang kemudian memasukkan bola ke dalam gawang dari jarak dekat. Skor pun 2 – 1 hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Rossonerri finis di posisi enam klasemen akhir Serie A dengan perolehan 63 poin. Sementara Cagliari menempati posisi 11 dengan 47 poin.

Susunan Pemain
Cagliari: Crosta; Padoin, Pisacane, Deiola (Biancu 80), Murru (Miangue 33); Ionita, Tachtsidis, Faragò; Joao Pedro, Farias; Borriello (Han 69)
AC Milan: Donnarumma; Calabria, Paletta, Gomez, Vangioni (Lapadula 46); Kucka, Locatelli, Mati Fernandez; Suso (Ocampos 30), Bacca (Cristian Zapata 76), Honda

Skip to toolbar