Adu Penalti Terlama Sepanjang Sejarah Sepakbola

Sepakbola selalu menghadirkan hal-hal yang tidak terduga, salah satunya adalah adu penalti terlama sepanjang sejarah yang penuh drama, sangat drama dan juga melelahkan.

Pada 2 Oktober lalu, dalam laga Rio Ave vs AC Milan. Rossoneri mengalahkan klub Portugal itu dan melaju ke fase grup Liga Europa usai mengadu nasib di babak tos-tosan.

Penalti Terlama Sepanjang Sejarah Sepakbola

Jika ditotalkan, penalti ini menghasilkan 24 sepakan yang dilakukan setelah babak tambahan rampung. Masing-masing tim menendang sebanyak 12 kali. Namun hasilnya AC Milan mencetak 9 gol, sedangkan Rio Ave hanya berhasil mencetak 8 gol.

Ada beberapa pertandingan lagi yang bila dilihat, menjadi pertandingan dengan adu penalti terlama sepanjang sejarah sepakbola. Siapa saja?

Adu penalti laga sepak bola KK Palace vs Civics di Namibia

48 tendangan yang dilakukan di laga yang berlangsung pada 23 Januari 2005 ini menjadi salah satu rekor penalti terlama. KK Palace dan Civics bermain sama kuat 2-2. Laga ini tak memainkan babak waktu tambahan, sehingga penentuan pemenang langsung via babak adu penalti.

Masing-masing tim berkesempatan untuk melayangkan 24 sepakan. Singkatnya, KK Palace yang tak diunggulkan berhasil menang dengan skor akhir 17-16 pada saat itu.

Obernai vs ASCA Wittelsheim di Piala Prancis

Rekor penalti terlama selanjutnya terjadi pada 29 Oktober 1996, Piala Prancis menggelar laga Obernai (tim level keenam Liga Prancis) vs ASCA Wittelsheim (tim level kelima Liga Prancis). Hail pertandingan fulltime menujukkan 2-2.

40 tendangan yang dihasilkan akibat tim yang masing-masing melakukan 20 tendangan penalti ini ternyata berakhir imbang, dengan skor 15:15. Bahkan babak penalti ini sempat ditunda oleh wasit karena stadion menggelap.

Namun karena jadwal pertandingan yang padat, pemenang harus segera ditentukan. Akhirnya, Obrnai yang diputuskan untuk menjadi pemenang dan lolos pada babak selanjutnya.

Tunbridge Wells vs Littlehampton Town di Piala FA

Tunbridge Wells Foresters FC dan Littlehampton Town FC saling bentrok di Babak Penyisihan Piala FA pada 31 Agustus 2005. Ini merupakan laga replay untuk menentukan tim mana yang berhak melaju ke babak selanjutnya usai mereka bermain imbang 1-1 di laga pertama. Pada waktu normal leg kedua ini, dua tim tersebut bermain seri 2-2.Saat bermain di babak tambahan, pemenangnya masih belum bisa diputuskan. Akhirnya, jawabannya ketemu di babak adu penalti, Tunbridge Wells menang 16-15 atas Littlehampton Town setelah melewati 40 sepakan penalti. Tentunya hal ini masuk ke dalam daftar penalti terlama sepanjang sejarah sepakbola.