Adu Tos-tosan Baru Bakal Diterapkan di Piala Liga Inggris

Sistem adu penalti terbaru bakal dicoba pada 3 kompetisi gelaran English Football League (EFL), termasuk di ajang Piala Liga Inggris. Seperti apa sistemnya?

Di dunia sepakbola saat ini, sistem adu penalti yang dikenal ialah ABAB. Format ini artinya tim yang melakukan tendangan pertama akan bergantian satu demi satu dengan tim musuhnya dengan berurutan.

Belakangan ini sistem tersebut dianggap kurang adil. International Football Association Board (IFAB) yang tugasnya menyusun aturan-aturan sepakbola, menganggap kalau para pemain dari para tim yang ambil tendangan kedua miliki tekanan lebih besar.

Oleh sebab itu ada gagasan kalau penalti dirubah sistemnya menjadi ABBA. Format ini dianggap lebih adil dan berikan kedua tim tekanan yang sama rata.

Sistem baru ini direncanakan bakal dicoba pada kompetisi di bawah otoritas EFL yaitu Piala Liga Inggris, EFL Trophy, dan pertandingan-pertandingan play-off liga mulai dari divisi Championship, League One, dan League Two di musim 2017/2018.

“Kami sambut inovasi di EFL dan saya merasa senang dengan saksikan kalau EFL dapat melangsungkan tugasnya dalam sebuah kemajua krusial untuk sepakbola,” ucap Chief Executive EFL Shaun Harvey.

“IFAB sudah lakukan identifikasi teori kalau barisan sepakan penalti yang saat ini berpeluang berikan keuntungan yang tidak adil untuk tim yang ambil tendangan pertama. Maka kami ingin saksikan apakah sistem yang baru miliki efek ke salah satu kabar yangamat gencar diperbincangkan di sepakbola.”

“Kami semua berharap agar laga sepakbola ditentukan dengan cara yang adil dan konsisten tentunya, dan saya percaya kalau format teranyar ini bakal beri dinamika menarik pada penyelesaian sejumlah laga di ajang kami kalau memang diperlukan,” ucap Harvey.

Skip to toolbar