AS Roma Terpaksa Ubah Formasi Untuk Tahan Serangan Atletico

AS RomaPelatih AS Roma, Eusebio Di Francesco mengakui bahwa timnya mengalami kesulitan saat berhadapan dengan Atletico Madrid. Di Francesco bahkan sampai mengubah formasi demi menahan imbang Atletico Madrid.

Roma hanya mampu meraih hasil imbang 0 – 0 saat melawan Atletico Madrid dalam laga Liga Champions Grup C di Stadion Olimpico, Rabu (13 September 2017) dinihari WIB. Walaupun bermain di kandang, Il Giallorossi tidak mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Gawang AS Roma justru lebih sering terancam. Dalam situs resmi UEFA, data mencatat jika hanya ada satu percobaan AS Roma yang tepat sasaran, sedangkan Atletico Madrid membuat sembilan percobaan yang hampir semua tepat sasaran.

Untuk mengimbangi dominasi permainan Atletico Madrid, Di Francesco melakukan perubahan formasi dari 4-3-3 ke 3-5-2 di babak kedua. Dia menarik keluar Gregoire Defrel yang berposisi winger dan memasukkan bek tengah Federico Fazio. Perubahan itu bertujuan untuk meredam serangan-serangan Los Rojiblancos.

“Saya terpaksa mengubah formasi, karena saya lihat kami sudah sangat kesulitan menahan laju mereka. Namun, setelah merubah formasi, permainan kami relatif lebih seimbang,” kata Di Francesco kepada Mediaset Premium.

“Selama 60 menit kami tampil baik, selanjutnya kami keteteran menjelang akhir laga. Tapi, ketika Anda punya mentalitas tertentu dan berusaha mempertahankan bola, membangun serangan dari belakang, itu menimbulkan resiko dan kami membuat beberapa kesalahan yang seharusnya tidak terjadi,” sambung Eusebio Di Francesco.

Keberhasilan AS Roma dalam meredam Atletico Madrid tak lepas dari penampilan oke Alisson Becker di bawah mistar gawang. Kiper berkebangsaan Brasil itu banyak mementahkan tembakan yang dikirimkan oleh para penggawa Atletico Madrid.

“Penting bagi kami untuk tidak salah mengumpan, kemudian pada tahap tertentu Alisson Becker sangat menentukan. Dia adalah kiper yang bagus dan kami senang karena dia adalah pemain kami,” kata Eusebio Di Francesco.

Skip to toolbar