Biografi Cristiano Ronaldo

Kali ini Parkirbus telah merangkum perjalanan dan biografi Cristiano Ronaldo sebagai seorang pemain terbaik di dunia.

Berasal dari Portugal, Cristiano Ronaldo lahir pada tanggal 5 Febuari 1985. Ayahnya memberikan nama Ronaldo yang terinspirasi dari aktor dan presiden Amerika Serikat, Ronald Raeagan.

cristiano ronaldo machester united

Terlahir dari pasangan Joe Dinis Aveiro dan MariaDolores dos Santos. Ronaldo yang sejak kecil sudah tertarik dengan dunia sepak bola memiliki tiga orang saudara yakni Hugo Aveiro, Elma Aveiro, dan Liliana Cátia.

Saat ini Ronaldo menjadi penyerang tengah untuk tim Spanyol, Real Madrid dan juga tim nasional Portugal. Cristiano Ronaldo menjadi andalan bagi skuad Real Madrid. Ronaldo juga pernah bermain untuk Sporting Lisbon dan MU.

Pemain yang memiliki nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro mulai bergabung dengan klub Andorinha pada tahun 1993 selama 2 tahun saat usianya baru menginjak 8 tahun. Ibunya menyarankan agar onaldo fokus di dunia sepak bola sejak ia menginjak usi 14 tahun. Kemudian Ronaldo berpindah ke Nacional de Madeira pada tahun 1995-1997 yang kemudian dirinya kembali ke Sporting Lisbon selama 2 tahun.

Memperkuat tim Sporting Lisbon, ia berhasil mengumpulkan 3 gol dalam 25 kali pertandingan. Di pertengahan musim panas tahun 2003, Sporting Lisbon adakan pertandingan persahabatan melawan Mancherster United dengan mendapatkan skor akhir Sporting 3 – 1 MU. Seuah fenomena mengejutkan untuk Man United yang merupakan sebuah klub raksasa Inggris. Dalam kemenangan 3-1 atas MU, Ronaldo menjadi satu-satunya dalang atas kemenangan tersebut.

Ronaldo kemudia hijrah ke Manchester United dengan biaya transfer sebesar 12,24 juta poundsterling. Ronaldo mengenakan nomor punggung 7 selama kariernya bersama MU. Ronaldo menjadi perih gelar Pemain Muda Tebaik kala itu.

Setelah 6 tahun membela MU, Ronaldo kemudian memutuskan untuk pindah ke Real Madrid pada 2009. Ia memecahkan rekor transfer sebesar 1,3 triliun rupiah yang menjadikan dirinya sebagai pemain termahal saat itu. Bermain di Real madrid, Ronaldo berhasil membawa klub ini menjuarai UEFA Champions League 2016. Kemudian, pada 2018 lalu, Ronaldo kemudian bergabung dengan Juventus.

Pada Tahun 2012, Ronaldo mencapai penampilannya ke-100 untuk timnas Portugal pada kualifikasi Piala Dunia saat menantang Irlandia Utara.

Meski belum menikah, Cristiano Ronaldo sudah memiliki empat orang anak. Keempatnya lahir dari ibu yang berbeda. Keempat anak tersebut diberi nama Cristiano Ronaldo Jr, Alana Martina dos Santos Aveiro, Eva Maria dos Santos, dan Mateo Ronaldo. Saat ini Ronaldo menjalani hubungan bersama Georgina Rodriguez.

keluarga cristiano ronaldo

Berikut ulasan biografi Cristiano Ronaldo, apakah sudah bikin kamu tambah nge-fans?