Bisnis Pemain Bola, dari Kaus Kaki Hingga Wine

Menjalani profesi sebagai seorang atlet memiliki umur karir yang singkat dan bisa dikatakan cepat hilang. Oleh sebab itu merek yang bekerja di bidang olahraga termasuk pemain bolaharus mencari pendapatan lain untuk tetap menunjang kehidupannya dan masa pensiun kelak. Beberapa atlet sepak bola sudah merintis bisnis mereka sejak masih aktif di lapangan. Beberapa diantaranya ada yang memang sudah berbakat dalamberbisnis ada juga yang perlu berusaha keras dan pikiran yang cerdas. Semua itu juga bisa ditunjanga dengan nama besar yang sudah mereka bangun selama menjadi bintang lapangan.

Kali ini Parkirbus akan mengulas 5 bisnis pemain bola bintang dunia, siapa sajakah?

  1. Cristiano Ronaldo
Bisnis Pemain Bola, cristiano ronaldo

Siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo? Nama ini bisa dibilang sangat mapan apabila menjadi sebuah brand sendiri. Tak mau kecolongan kesempatan emas ini, CR7 segera menyadari hal tersebut. Meski namanya sudah masuk ke dalam daftar pemain dengan bayaran setinggi langit,ternyata sepak bola bukanlah satu-satunya sumber penghasilan CR7.

CR7 membuat sebuah butik fashion pertama kali pada tahun 2006 di Madeira, Portugal. Dua tahun selanjutnya, ia membuka cabang di kota lainnya yaitu Lisbon. Sejak saat itu Ronaldo meluncurkan berbagai macam produk mulai dari pakaian kaus kaki dan pakaian dalam juga deretak koleksi baju dan sepatu premium untuk anak-anak maupun dewasa. Ia sendiri menjadi model untuk brand yang dibuatnya bersama anak laki-lakinya. Selain dalam dunia fashion, rupanya pemain yang memiliki jiwa sosial yang tinggi ini juga membuka bisnis properti dalam bentuk hotel.

2. Neymar

Neymar pernah disebut sebagai salah satu pemain sepakbola yang memiliki penghasilan setinggi langit dan bisnis dalam majalah Forbes. Bayangkan saja, dari pendapatan selama ia berada dalam lapangan, Neymar bisa memiliki penghasilan sebanyak 4,5 miliar rupiah per minggu.

Neymar memiliki logonya sendiri dan berhasil menjual namanya dan menjadikan dirinya sebagai brand ambassador produk dunia mulai dari Gillete, Nike, Panasonic dan masih banyak lagi. Diperkirakan, toal dari penghasilan Neymar dari sponsorship ini menyumbang 61% dari kekayaannya. Wow!

3. Gerard Pique

Bisnis Pemain Bola,Gerard Pique

Pemain yang masuk ke dalam 150 pemain sepak bola teratas Spanyol ini berhasil membawa negaranya memenangkan piala dunia di Afrika Selatan 2010 lalu. Ia memiliki 27% saham di Bas Alimentaria, yang merupakan sebuah perusahaan daging yang bebas zat aditif. Selain itu ia juga terlibat dalam bisnis lainnya dari produk minuman isotonik, games, burger organik Natrus, kacamata Kypers, dan juga situs olahraga e.football.pro.

Greard Pique sebenarnya sudah memiliki bekal pengetahuan dalam bidang bisnis sejak ia mengikuti pendidikan master bisnis di Harvard. Pique memiliki target untuk menjadi presiden klub sepakbola Barcelona.

5. Andres Iniesta

Bisnis Pemain Bola, Andres Iniesta

Siapa sangka Andres Iniesta juga seorang yang sukses di bidang berbisnis? Hal ini ia buktikan lewat bisnis wine warisan keluarganya yang sudah ia bangun. Ayah dari Andres, Jose Antonio, sudah mulai membuat anggur di kebun anggur di kampung halamannya Fuentealbilla, Spanyol sejak tahun 1999. Berawal dari wine rumahan, kini bisnisnya terus berkembang karena saat ini produk winenya sudah tidak hanya didistribusikan ke seluruh Spanyol, namun lebih dari itu.