Brighton & Hove Albion Promosi ke Premier League Musim Depan

Brighton & Hove Albion mengunci satu tempat di kompetisi Premier League musim depan. Ini menciptakan sejarah baru untuk klub berjuluk The Seagulls itu.

Pada pekan 43 ajang Divisi Championship Senin (17/4/2017), Brighton menang lima kali secara berturut-turut dengan menundukkan Wigan 2-1. Glenn Murray membuka kemenangan Brighton babak pertama habis sebelum digandakan oleh Solly March. Wigan cuma bisa membalas sekali melalui Nick Powell.

Walau menang, Brighton harus menanti beberapa waktu sebelum memastikan tiket promosi. Mereka baru dipastikan finis di posisi dua besar Championship usai Derby County ditahan seri 1-1 oleh Huddersfield Town beberapa jam berselang.

Berkat hasil tersebut artinya jarak antara Brighton yang ada di puncak klasemen dengan Huddersfield Town, tim terakhir yang memiliki peluang finis di dua besar jadi 14 angka. Dengan empat partai sisa untuk Huddersfield Town, mereka tidak mungkin lagi menyusul Brighton.

Untuk Brighton, ini merupakan pertama kalinya mereka mentas di Premier League semenjak kompetisi itu diresmikan pertama kali pada 1992. Sedangkan terakhir Brighton berkompetisi di kasta tertinggi Liga Inggris adalah pada 1982-1983.

“Saya merasa amat bangga dengan respon mereka bangkit (dari musim lalu). Merangkai laju yang mereka catat, di tingkat ini di musim ini, itu luar biasa berat dan mereka layak mendapat pengakuan,” ujar manajer Brighton Christ Hughton seperti dikutip dari situs resmi klub.

Skip to toolbar