Cardiff City Batalkan Pembayaran Emiliano Sala ke Nantes

Emiliano Sala ke Cardiff City

Cardiff City akhirnya mengambil keputusan untuk menunda pembayaran pada Emiliano Sala ke Nantes. Hal ini berkaitan dengan hilangnya pesawat yang dinaiki pemain di kawasan Kepulauan Channel. Berita ini disebutkan di tengah usaha keluarga dan para penggemar yang mengumpulkan dana untuk membantu pencarian pesawat Sala.

Di tanggal 19 Januari 2019 lalu, Emiliano Sala resmi menjadi pemain Cardiff City setelah kesepakatan resmi dari klub sebelumnya, Nantes senilai 15 juta pound. Dua hari setelah itu, Sala mendapat keccelakaan yakni hilangnya dia bersama pilot dalam pesawat Piper Malibu yang seharusnya terbang dari Nantes ke Cardiff. Di hari yang sama, Sala memang akan menjalani sesi latihan pertama bersama Cardiff.

Di tanggal 23 Januari 2019, pihak otoritas dan kepolisian akhirnya memutuskan untuk menghentikan pencarian dengan menuliskan bahwa tak ada harapan lagi untuk menemukan penumpang dari pesawat jatuh ke laut. Dan benar saja, pencarian pada Emiliano Sala dihentikan secara resmi.

Keputusan tersebut menjadikan pihak keluarga pemain berumur 28 tahun tersebut membuka penggalangan dana untuk membiayai proses pencarian pemain dari Argentina ini. Pencarian yang akan dilakukan pada jalur area darat dan laut itu, sampai saat ini sudah didanai lebih dari 4000 orang.

Selain itu, beberapa pihak juga meminta dilakukannya proses pencarian. Permintaan datang dari berbagai kalangan tinggi dari dunia sepakbola. Mereka adalah Lionel Messi, Diego Maradona, serta Sergio Aguero, dan presiden Argentina, Mauricio Macri.

Emiliano Sala

Petisi kemudian dikeluarkan untuk kembali melanjutkan proses pencarian pada dua korban hilang yang sudah ditandatangani lebih dari 90 ribu orang. Pengumpulan dana juga pencarian Emiliano Sala kembali dilanjutkan dan kini sudah terkumpul lebih dari 300.000 euro, melebihi target sebelumnya yakni 260.000 euro.

Sementara itu, saat semua berupaya untuk menemukan pemain ini, Cardiff City mengambil keputusan untuk menunda pembayaran Sala kepada Nantes. City sejatinya sudah memberikan pembayaran pertama pada klub Prancis ini senilai 6 juta euro. Namun, mereka akan memikirkan pembayaran sesuai dengan ketentuan hukum sebelum memberikannya sesuai kesepakatan.

Tak hanya itu, Cardiff City juga berupaya memperoleh klaim ganti rugi karena melihat adanya kelalaian dalam peristiwa naas ini. Seperti yang diketahui, jika pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala tersebut diniali tidak layak terbang, pilotnya juga tak mempunyai lisensi penerbangan komersial, dan City mengatakan tidak ikut campur dalam penerbangan tersebut.

Pihak Nantes sendiri sepertinya akan melakukan tuntutan balik, namun saat ini mereka mengatakan belum akan membicarakan soal finansial dalam keadaaan seperti ini. “Saat ini kami belum membuka pembicaraan mengenai uang. Kami tidak akan melakukan apapun. Nanti akan kita lihat perkembangannya,” ucap petinggi Nantes, yakni Waldemar Kita.