Di Luar Nalar, Ini Mistis Sepak Bola Indonesia

Ada-ada saja kisah tentang sepakbola Indonesia, seperti yang kita ketahui, sepakbola selalu memberikan cerita-cerita yang menarik untuk dicari tahu lebih lanjut. Dalam setiap laga sepakbola, pasti akan mempertontonkan pertarungan dari kedua belah tim yang mengandalkan taktik, fisik dan semangat unutuk menang.

Namun ternyata, dalam perkembangan sepakbola Indonesia, kerap kali menghadirkan mistik dan kejadian klenik yang kerap muncul di dalamnya. Hal ini tentu membuat topik sepakbola semakin menarik untuk diminati.

Bahkan saat ini, hampir seluruh penjuru dunia yang memainkan sepakbola, mempercayai hal-hal berbau mistis, tak terkecuali di Indonesia. Ada beberapa ritual khas tanah air yang umumnya dilakukan guna mensukseskan laga bagi tim kesayangan. Lantas apa sajakah yang masuk ke dalam Mistis Sepak Bola Indonesia?

Ritual Pakatang, Maluku Utara

Mistis Sepak Bola Indonesia - Ritual Pakatang

Pakatang, sebuah ritual Mistis Sepak Bola Indonesia, yang mungkin terdengar asing di telinga kita. Namun bagi pemain dan klub asal Maluku Utara, Pakatang adalah ritual yang tidak boleh dilewatkan ketika akan bertanding. Ritual ini bisa dibilang sudah turun-temurun dari zaman perang.

Dalam pelaksanaannya, Pakatang mengharuskan semua anggota tim untuk memakai baju sama dan mengenakan sebuah ikat di kepala. Setelah itu semua anggota tim berjejer kemudian didoakan oleh tetua sebagai pelepasan sebelum keluar dari rumah. Pakatang sendiri dipercayai bisa membawa kemenangan bagi tim yang melaksanakannya. Bahkan, ada sebuah ujar yang mengatakan “taktik boleh terlupa tapi Pakatang jangan sampai terlewatkan”.

Air kencing yang dapat membuat Persib Bandung bisa mencetak gol

Mistis Sepak Bola Indonesia - Persib

Bagi pemain dan staff Persib Bandung tahun 60-an pertandingan menghadapi tim asal Bogor pastinya menjadi peristiwa tidak terlupa. Kala itu Tim Maung Bandung mampu menciptakan gol setelah tiga sudut penjuru lapangan disiram air kencing. Kejadian yang tentunya di luar akal kita bagaimana semua hal tersebut bisa terjadi. Namun sebelumnya hal ganjal dan menakjubkan duluan terjadi, dimana banyak peluang dari pemain Persib tak berujung bergetarnya jalan lawan. Bahkan sepakan yang harusnya 100 persen gol malah melenceng. Apakah benar hasil positif itu benar lantaran air seni, hingga kini belum ada penelitiannya. Ada-ada saja Mistis Sepak Bola Indonesia ya!

Jimat Telur, kalau pecah bisa kebobolan!

Selain sebuah air kencing, Persib Bandung pernah menang berkat telur yang berada di gawang Barito Putera dipecahkan. Hal ini terjadi di musim liga tahun 1994/1995, ketika itu Tim Maung Bandung yang menjalani partai semifinal Galatama harus berulang kali gagal menciptakan sebuah gol. Hal Mistis Sepak Bola Indonesia yang satu ini juga membuat banyak peluang emas bagi Tim asal Kalimantan tersebut terbuang sia-sia.

Di tengah situasi gersang tersebut, Sutiono, selaku salah satu pemain Persib Tersebut menemukan telur di gawang kiper Barito lalu membuangnya. Percaya tak percaya, setelah pembuangan telur tersebut, barulah tercipta sebuah gol yang dinanti-nantikan.

Percaya atau tidak, itulah hal-hal mistis Sepak Bola Indonesia yang sudah dibudayakan secara turun-temurun. Hal ini membuat sepakbola dan hal klenik selalu berjalan beriringan dengan perkembangan sepakbola Indonesia.