Didier Drogba Pensiun Dengan Catatan Karir yang Mengesankan

didier drogba pensiun

Didier Drogba yang merupakan bintang Chelsea dan Timnas Pantai Gading akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu sebagai pesepakbola dengan status 20 tahun karir yang mengesankan. Penyerang Pantai Gading yang saat ini berumur 40 tahun tersebut tampil dalam dua musim yang menakjubkan dengan Chelsea. Dia membukukan 164 gol dari 381 laga dengan empat gelar juara Liga Premier dan Liga Champions 2012.

Didier Drogba berada selama 18 bulan belakangan ini memperkuat klub Amerika Serikat, Phoenix Rising, klub miliknya dengan beberapa rekannya. Dia kemudian memutuskan pensiun setelah 20 tahun berkarir.

Sebelumnya, sudah ada berita mengenai hal ini setelah laga babak final yang dimainkan United Soccer League Cup di awal November kemarin. Laga pemungkas tersebut usai dengan kegagalan mereka melawan Louisville City dengan skor akhir 0-1 dalam kompetisi sepakbola tingkat kedua AS itu.

“Ini merupakan hal yang baik untuk saya dan waktu yang tepat menyudahi karir saya sebagai pesepakbola. Saya akan menolong beberapa pemain muda dan menjadi pengajar yang baik untuk mereka,” ucapnya.

Pesepakbola dunia ini juga menuturkan jika dia lebih baik berperan memberikan suatu hal untuk perkembangan dunia bola di masa depan. Saya sudah banyak pengalaman dan ini dapat menjadi bekal untuk pemain lainnya,” tambahnya.

Drogba sendiri sudah tidak pernah tampil di ajang sepakbola dunia hingga umurnya mencapai 23 tahun. Saat itu, pemain terbaik timnas Pantai Gading tersebut menjadi pemain klub Prancis, yakni Guingamp yang memboyongnya ke klub Ligue 2, Le Mans di awal 2002 silam.

Prestasi Gemilang Drogba

didier drogba pensiun

Drogba kemudian bergabung ke Marseille setahun lebih kemudian dan di musim selanjutnya, dia dibeli senilai 24 juta poundsterling dan pindah ke Chelsea, klub yang sukses menjadikannya sebagai pesepakbola terbaik di dunia.

Drogba berperan dalam membawa klub meraih tiga piala Liga Premier selama delapan tahun debutnya di Stamford Bridge, termasuk pada musim-musim awalnya dan empat gelar piala FA dan dua Piala Liga. Drogba juga mendapatkan Golden Boot Liga Inggris pada musim 2006-2007 dan 2009-2010.

Akan tetapi, saat dia mencapai puncak karir di The Blues, dirinya malah memutuskan pindah klub. Drogba lalu bergabung dengan klub China, Shanghai Shenhua selama 6 bulan dan setahun lebih bersama Galatasaray, sebelum memperkuat The Blues kembali.

Musim 2014-2015, dia membukukan 7 gol dan mencatatkan gelar Liga Premier keempat dan Piala Liga ketiga sebelum kemudian hengkang dari The Blues dengan status mesin gol keempat tertinggi selama sejarah klub London itu.

Di tahun 2015, ia kemudian bermain untuk Montreal Impact, yang kemudian merancang bisnis dengan rekan-rekannya membentuk klub Phoenix Rising. Drogba juga mencetakkan 65 gol dalam 105 laga bersama Timnas Pantai Gading, dengan ikut berperan di tiga musim Piala Dunia dan dua kali terpilih sebagai Pemain Sepakbola Afrika Terbaik.

Skip to toolbar