Guardiola Tak Pernah Berikan Janji Apapun Ke City

Josep GuardiolaKedatangan Josep Guardiola ke Etihad Stadium pada musim panas lalu mengangkat tinggi-tinggi ekspektasi di Manchester City. Namun dia menegaskan tak pernah memberikan janji apapun pada saat kedatangannya.

Ekspektasi tinggi di The Citizens terhadap Guardiola bukannya tanpa alasan. Pria 46 tahun itu merupakan salah satu manajer tersukses di dunia saat ini, memenangkan 14 gelar juara hanya dalam empat tahunnya di Barcelona dan tujuh gelar dalam tiga tahunnya bersama Bayern Muenchen.

Guardiola juga merupakan manajer termuda dalam sejarah yang berhasil memenangkan gelar Liga Champions, kala membawa Barca meraih treble di 2008/2009. Kala itu usianya baru 37 tahun. Bersama Barca, Guardiola memenangkan dua trofi di turnamen tertinggi di Eropa itu.

Guardiola juga belum pernah gagal sekalipun gagal menembus babak semifinal di tujuh kesempatan sebelumnya bersama Barca dan Bayern, sebuah catatan tidak dia lanjutkan di musim ini bersama City. Tim asuhannya itu harus terhenti di babak 16 besar oleh AS Monaco setelah kalah gol tandang dalam agregat 6 – 6.

City sendiri mencoba naik level di Liga Chamspions. Sejak dibeli oleh Abu Dhabi United Group pada 2008, The Citizens sudah selalu berusaha meningkatkan level mereka. Dan sukses di Liga Champions adalah target besar mereka berikutnya, setelah sukses memenangkan Premier League.

Dan ternyata, di musim perdana bersama Guardiola mereka belum bisa lolos ke fase semifinal, yang mana merupakan capaian tertinggi mereka musim lalu bersama Manuel Pellegrini. Di Premier League, kesempatan juara juga cukup tipis karena saat ini tertinggal 13 angka dari Chelsea yang ada di puncak klasemen.

Peluang juara mereka yang paling mungkin adalah Piala FA di mana mereka sudah sampai di semifinal dan akan berhadapan dengan Arsenal. Tapi Guardiola menegaskan tak pernah memberikan janji untuk mempersembahkan gelar-gelar kepada City.

“Saat saya datang kesini, saya tidak pernah menjanjikan gelar apapun. Saya tak pernah mengatakan bahwa saya akan memenangkan treble, saya tak pernah mengatakan saya akan memenangi gelar dobel. Saya tidak pernah mengatakannya. Itu pula yang saya lakukan saat saya di Barcelona dan di Bayern. Saya hanya menjanjikan saya akan serius bekerja,” ujar Guardiola.

Skip to toolbar