Harapan Besar Suporter Fiorentina di Pundak Paolo Sosa

Harapan Besar Suporter Fiorentina di Pundak Paolo Sosa

Harapan Besar Suporter Fiorentina di Pundak Paolo Sosa

Persaingan di liga Serie A Italia musim 2015/2016 memperebutkan Scudetto mulai terasa setelah sebulan liga berjalan. Terseok-seoknya juara bertahan, Juventus, menjadi berkah tersendiri bagi beberapa klub, salah satunya adalah Fiorentina. Hingga pekan ke-7, Fiorentina berhasil bertengger di puncak daftar klasemen sementara Serie A Italia. Keberhasilan ini tak bisa lepas dari tangan dingin pelatih mereka, yaitu Paolo Sosa. Pelatih asal Portugal tersebut berhasil membawa warna baru bagi tim yang bermarkas di Firenze tersebut.

Fiorentina tercatat sebagai salah satu tim paling agresif di Serie A. Total, Giuseppe Rossi dkk. Sudah menceploskan 14 gol dan hanya kemasukan 4 gol.  Nama Paolo Sosa memang cukup asing di telinga pecinta sepakbola Eropa. Saat masih aktif bermain, namanya juga tak begitu mencolok. Selama berkarir sebagai pemain, Paolo Sosa pernah membela beberapa klub raksasa Eropa seperti Juventus dan Borussia Dortmund. Bersama kedua klub tersebut, Paolo Sosa berhasil mempersembahkan gelar liga Champions.

Setelah memutuskan pensiun di tahun 2002, mantan pemain nasional Portugal ini mencoba peruntungan di dunia kepelatihan. Karir kepelatihan Paolo Sosa dimulai di tim nasional junior Portugal. Pada tahun 2008, Sosa ditunjuk sebagai asisten pelatih timnas senior Portugal yang saat itu dilatih oleh Carlos Queiroz. Setelah menyelesaikan tugasnya di timnas Portugal, Paolo Sosa kemudian memulai petualangannya sebagai pelatih professional. Negara yang ditujunya adalah Inggris. Dari tahun 2008 hingga 2010, Sosa menangani 3 klub divisi championship Inggris, yaitu Queen Park Ranger, Swansea City dan Leicester City.

Setelah dari Inggris, tepatnya pada tahun 2011, Paolo Sosa melanjutkan petualangannya ke Hungaria dan Israel. Di Hungaria, Paolo Sosa bergabung dengan juara liga Hungaria, Videoton. Disana Sosa hanya bertahan 2 tahun, untuk kemudian pindah ke Israel untuk melatih Macabi Tel Aviv. Di tahun 2014, Paolo Sosa berganti klub lagi dan tujuan selanjutnya adalah Swiss. Di Swiss Super League, Paolo Sosa berhasil mempersembahkan juara liga untuk Basel. Dirinya kemudian pindah ke Fiorentina pada awal musim ini untuk menjadi pelatih baru Fiorentina.

Di tangan Paolo Sosa, Fiorentina disulap menjadi tim yang memiliki agresitivitas yang tinggi. Dengan deretan pemain berkualitas, Paolo Sosa berharap bisa memberikan prestasi terbaik bagi Fiorentina di ajang Serie A, Coppa Italia dan Europa League. Di pundak Paolo Sosa, harapan besar suporter La Viola dititipkan.

Skip to toolbar