Ini Dia Sosok Pelatih Yang Terpilih Menggantikan Posisi Vicente Del Bosque

Langkah cepat baru saja diperlihatkan oleh tim nasional Spanyol dengan menunjuk Julen Lopetegui sebagai pelatih baru mereka. Hal ini memberikan sinyal kuat kepada Inggris yang sampai sekarang ini belum bisa memberikan jawaban terkait dengan pengganti Roy Hodgson di posisi nomor satu tim sepakbola Three Lions.

Ini Dia Sosok Pelatih Yang Terpilih Menggantikan Posisi Vicente Del Bosque

Dalam laman resmi timnas Spanyol, Lopetegui sudah dikonfirmasi oleh federasi sepakbola Spanyol akan menggantikan posisi yang selama ini dijabat oleh Vicente del Bosque. Pelatih yang bersangkutan baru saja mundur pasca gagal total di Euro 2016, usai kalah 2-0 dari Italia di babak 16 besar.

Di ranah Spanyol, Lopetegui bukanlah sosok yang asing bagi sepakbola negara tersebut. Pelatih yang kini berusia 49 tahun pernah menjadi juru taktik La Roja diberbagai kelompok umur diantaranya U-19, U-20 dan U-21. Terakhir, Lopetegui tercatat sebagai manajer dari klub asal Portugal, FC Porto.

Menjalani karir sebagai pelatih tim muda Spanyol, Lopetegui mempersembahkan gelar juara Euro U-19 pada tahun 2012 dan juara Euro U-21 pada tahun 2013. Beberapa pemain yang diorbitkannya antara lain David De Gea, Alberto Moreno, Isco, Koke, Thiago dan Alvaro Morata. Semua pemain tersebut terbukti menjadi pemain bintang dunia yang berasal langsung dari didikan timnas Spanyol.

Pelatih Baru Spanyol

Sisi lain sang pelatih bukan saja melatih dari anak asuh nya setiap hari, Lopetegui juga pernah aktif sebagai pemain profesional dan dia tercatat pernah membela Barcelona dan Real Madrid. Selain kedua tim tersebut, dia juga pernah berseragam Rayo Vallecano.

Namun bersama Barcelona dan Madrid lah Lopetegui berhasil mendapatkan banyak gelar dari liga domestik hingga Eropa. Dukungan pun terus mengalir kepada Lopetegui dan publik pun percaya jika dia bisa menjadi pelatih tersukses setelah era Del Bosque berakhir.

Komposisi pemain timnas Spanyol saat ini jelas akan mendukung kinerja baru Lopetegui dalam mengemban misi nya menembus babak kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rusia dan banyak orang beranggapan jika sang pelatih akan beradaptasi dengan cepat perihal Lopetegui sudah terhitung pengalaman dalam gaya bermain sepakbola Spanyol.

Skip to toolbar