Inilah Perkiraan Biaya Hidup Dalam Mengikuti Turnamen Euro 2016

Pargelaran terbesar benua Eropa bertajuk Euro 2016 tinggal menghitung hari lagi. Tuan rumah maupun partisipan mulai bersiap menuju puncak penampilan. Tak hanya sisi teknik, sorotan juga tertuju pada para fans yang bakal menyaksikan langsung penampilan tim kesayangan mereka di Prancis.

Inilah Perkiraan Biaya Hidup Dalam Mengikuti Turnamen Euro 2016

Dalam sebuah berita yang dirilis oleh media ternama asal Prancis menyebutkan jika panitia penyelenggara memprediksi bakal ada 3 juta tamu yang akan datang silih berganti. Status mereka bisa penonton atau sekadar wisatawan mancanegara yang memanfaatkan libur musim panas di negeri fashions tersebut.

Maka tidak mustahil bahwa potensi ekonomi bakal menjadi meningkat bagi tuan rumah. Apalagi hampir dipastikan seluruh pendatang tersebut akan rela mengeluarkan dana besar untuk bisa memuaskan diri. Makanan berat, minuman, asesoris sampai tempat hiburan menjadi hal yang wajib diburu fans ataupun traveler.

Adapun sebuah estimasi yang dikeluarkan France Football, hampir dipastikan seluruh harga yang terkait dengan ‘gaya hidup fans’ bakal melonjak. Nilai peningkatan berada di level 50 persen hingga 100 persen.

“Pastinya kami akan kedapatan peningkatan tertinggi ada di sektor makanan berat serta minuman. Seluruh cafe dan resto akan menaikkan harga mereka secara maksimal dalam sebulan penyelenggaraan turnamen,” terang media Football Prancis.

Tidak beda jauh dengan harian Hitachi Capital yang merupakan sebuah Lembaga riset asal Inggris tersebut mengungkapkan, biaya hidup fans minimal ada di titik 1.600 euro atau sekitar 32 juta rupiah. Angka itu hanya berlaku untuk menemani timnas dalam tiga partai fase grup. Angka tersebut belum termasuk biaya perjalanan berangkat dan kepulangan.

Selanjutnya jika mereka berkeinginan terus menemani timnas ketika lolos ke fase knock-out atau bahkan sampai ke final, jumlah uang saku bakal bertambah drastis. Setidaknya, kalau harus menginap di lokasi terbuka seperti fans camp atau penginapan khusus backpacker setidaknya menghabiskan dana 6.500 euro atau 130 juta rupiah.

Hitachi Capital juga menambahkan terkait dalam memberikan bayangan khusus untuk fans Inggris. Saat menemani The Three Lions di fase grup kontra Wales, Rusia dan Slovakia, mereka harus mengeluarkan dana di luar catatan di atas. Setidaknya ada tambahan 100 ribu rupiah untuk membeli makanan ringan serta 1 juta membeli jersey Wayne Rooney cs, plus 1,2 juta rupiah untuk biaya tak terduga.

Namun semua itu belum termasuk tambahan untuk pembelian tiket fase knock-out yang berada di angka minimal 6 juta rupiah. Ada lagi tambahan 4 juta rupiah untuk tambahan biaya penginapan selama dua hari.

Selaku dari direktur operasional lembaga riset Hitachi Capital, Gerald Grimes mengakui jika biaya kali ini memang lebih rendah dibandingkan dalam mengikuti turnamen Piala Dunia 2014 lalu.

“Di Euro 2016 kali ini harus tetap memperhitungkan semua nya dengan tepat dan cermat. Karena kehidupan di Prancis sangat banyak dan bila kita tidak berhati-hati maka semua nya akan melonjak lebih besar lagi. Untuk itu kita dituntut harus mempersiapkan nya secara matang jika ingin mengikuti Euro secara penuh.” ungkap Grimes.

Euro 2016 sendiri akan resmi digelar pada tanggal 10 Juni hingga 10 Juli mendatang. Adapun semua pertandingan disana akan berjalan menarik dan bakal menghadirkan kejutan-kejutan terbaru dalam dunia sepakbola.

Skip to toolbar