Irlandia Kubur Mimpi Bosnia

Satu Tiket Euro 2016 untuk Republik Irlandia

Satu Tiket Euro 2016 untuk Republik Irlandia

Bosnia Herzegovina harus mengubur impiannya untuk berpartisipasi dalam ajang Euro 2016 Perancis setelah di leg kedua babak play off Euro 2016 dikalahkan oleh tuan rumah Republik Irlandia dengan skor 2-0. Skor 2-0 tersebut membuat agregat menjadi 3-1 untuk keunggulan Republik Irlandia. Hasil ini membuat Edin Dzeko cs. harus terlempar dari turnamen bergengsi antar Negara Eropa tersebut. Di leg pertama, Bosnia gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya. Di leg pertama tersebut, Bosnia ditahan imbang 1-1.

Di leg kedua, giliran Republik Irlandia yang menjadi tuan rumah. Seamus Coleman dkk. hanya butuh hasil seri tanpa gol untuk bisa lolos ke Perancis. Sedangkan Bosnia wajib menang atau paling tidak imbang dengan skor di atas satu gol. Pelatih Irlandia, Martin O’Neill menurunkan tim terbaiknya di leg kedua tersebut. Irlandia menurunkan Danny Murphy yang disokong oleh Jonathan Walters dan Wes Hoolahan di belakangnya. Sedangkan Bosnia mengandalkan bintang-bintang utama mereka seperti Edin Dzeko, Miralem Pjanic, Senad Lulic dan Asmir Begovic.

Bosnia langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit pertandingan dibunyikan. Miralem Pjanic menjadi aktor kunci yang mengatur serangan-serangan dari Bosnia. Namun justru Republik Irlandia yang bisa mencuri gol terlebih dahulu di menit ke-24. Adalah Jonathan Walters yang berhasil menaklukkan Asmir Begovic dari titik putih. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Republik Irlandia, dan agregat melebar menjadi 2-1. Hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Bosnia tetap mengambil inisiatif serangan dan berusaha lebih keras untuk mencetak gol penyama kedudukan. Namun Republik Irlandia berhasil memastikan keunggulan lewat gol yang lagi-lagi dicetak oleh Jonathan Walters di menit ke-70. Skor berubah menjadi 2-0 dan agregat menjadi 3-1 untuk keunggulan Republik Irlandia. Peluit panjang dibunyikan sebagai tanda usai pertandingan. Para pemain Republik Irlandia langsung bersorak sorai merayakan kemenangan di lapangan.

Sedangkan para punggawa Bosnia Herzegovina tertunduk lesu dalam kesedihan. Hasil ini membuat satu dari empat tiket tersisa di babak utama Euro 2016 Perancis menjadi milik Republik Irlandia. Kemenangan yang layak didapatkan para pemain Republik Irlandia yang telah berjuang ekstra keras dalam pertandingan.

Skip to toolbar