Jejak Karir si Bengal Nicolas Anelka

Jejak Karir si Bengal Nicolas Anelka

Jejak Karir si Bengal Nicolas Anelka

Di dunia sepakbola, hanya ada segelintir pemain yang bisa bertahan dengan hanya membela satu klub saja selama karir professionalnya sebagai pesepakbola. Nama-nama seperti Francesco Totti, Paolo Maldini hingga Ryan Giggs adalah contoh nama-nama besar yang hanya membela satu klub saja selama karirnya. Namun ada pula pesepakbola yang sering bergonta-ganti klub. Tiap satu atau dua musim pindah ke klub lain untuk mencoba peruntungan baru. Salah satu pesepakbola tenar yang sering berpindah-pindah klub adalah penyerang asal Perancis, Nicolas Anelka.

Hingga kini, Anelka tercatat telah memperkuat 12 tim berbeda sejak debut professionalnya di tahun 1996. Pemain yang kini merumput bersama klub India, Mumbai City ini memang sering disebut sebagai seorang Journeyman sejati. Journeyman adalah sebutan bagi para pesepakbola yang sering bergonta-ganti klub selama karirnya. Salah satu hal yang membuat Anelka susah untuk menetap pada satu tim adalah sifatnya yang susah diatur. Beberapa klub yang pernah dibelanya sering mengeluhkan tabiat buruknya tersebut yang kadang menyusahkan tim.

Anelka mengawali karir bersama klub Perancis Paris Saint Germain di musim 1996-1997. Baru semusim menjalani karir professionalnya, Anelka kemudia dibeli Arsenal yang saat itu diarsiteki oelh Arsene Wenger. Di Arsenal inilah nama Anelka mulai mencuat ke permukaan. Penampilan impresifnya bersama Arsenal selama dua musim membuat Real Madrid memboyongnya di tahun 1999. Namun di Madrid, prestasi Anelka malah jeblok. Anelka hanya semusim di Madrid untuk kembali ke klub pertamanya, PSG.

Setelah dari PSG, Anelka kembali lagi ke Premier League dan bergabung dengan beberapa klub disana, mulai dari Liverpool, Manchester City, Bolton Wanderes dan Chelsea. Di Chelsea inilah peforma Anelka kembali menanjak dan mampu memberikan beberapa gelar bagi Chelsea. Setelah dari Chelsea, Anelka pergi ke timur jauh untuk bergabung dengan klub China, Shanghai Shenhua.

Anelka juga sempat mencicipi Serie A selama setengah musim sebagai pemain pinjaman sebelum kembali lagi ke Premier League bersama Wet Brom. Kini Anelka tercatat sebagai pemain merangkap pelatih di klub India, Mumbai City. Torehan trofi Anelka selama karirnya juga cukup banyak, dari 1996 hingga 2015 ini, Anelka sukses mengkoleksi beberapa gelar bergengsi seperti 1 gelar liga Champions, 2 gelar Premier League, 1 Serie A, 3 FA Cup dan juga gelar Euro 2000 bersama Perancis. Sungguh daftar trofi yang cukup prestisius untuk seorang Journeyman.

Skip to toolbar