Kesalnya Wenger Dengan Kerja Wasit

Arsene WengerPelatih Arsenal, Arsene Wenger menginginkan wasit-wasit di Premier League menunjukkan pekerjaan yang lebih baik. Wenger menilai jika cara kerja wasit saat ini sudah ketinggalan zaman.

Wenger baru saja didakwa FA karena melakukan protes kepada wasit Mike Dean, yang memimpin laga Arsenal melawan West Bromwich Albion pada Minggu (31 Desember 2017) silam. Pada laga tersebut, kemenangan yang sudah di depan mata harus direlakan Arsenal akibat dihukum penalti di menit ke-89.

Wasit Mike Dean menunjuk titik putih karena menganggap bek Arsenal, Calum Chambers, melakukan handball. Tayangan ulang memperlihatkan bahwa Chambers sudah tidak bisa menghindar ketika pemain West Brom, Kieran Gibbs, mengarahkan bola ke arah tangannya.

Keputusan wasit yang memberika penalti kepada West Bromwich Albion tersebut dikritik oleh sejumlah analis sepakbola, sementara Wenger mencak-mencak. Komentar dan protesnya selepas pertandingan pun membuatnya dijatuhi dakwaan dari FA.

Tapi Wenger sudah kadung kecewa dengan cara kerja wasit saat ini. Manajer asal Prancis ini menyebut cara kerja mereka masih seperti di tahun 1950-an, padahal di masa sekarang orang-orang ingin melihat cara yang lebih tegas dan cepat.

“Kadang saya bilang ke ofisial keempat, saat pertandingan sudah dimulai, mereka malah membuang-buang waktu. ‘Lihatlah ke bangku penonton, ada orang-orang yang membayar banyak untuk menonton sepakbola. Anda bertanggung jawab memastikan sepakbola berjalan dengan baik’,” kata Wenger dikutip Standard.

Dalam kesempatan yang sama, Wenger sudah harus menggunakan Video Assistant Referee (VAR) untuk meningkatkan kualitas permainan. Kompetisi Liga Inggris memang belum menggunakan teknologi ini.

Skip to toolbar