Kiper dengan Penyelamatan Terbaik Liga Top Eropa

Penjaga gawang menjadi salah satu hal yang paling penting dari sebuah ketahanan tim sepakbola. Bahkan, aksi-aksi yang dilakukan oleh seorang penjaga gawang, sering kali menjadi jaminan meraih poin.

Aksi-aksi penyelamatan luar yang luar biasa yang dilakukan oleh penjaga gawang dalam sebuah tim tak jarang membuahkan sebuah poin. Hal ini juga terjadi dalam liga liga besar top Eropa. Bahkan sejauh ini tercatat ada lima penjagagawang yang penampilannya sangat berperan besar kepada timnya.

Berikut ini adalah daftar Kiper dengan penyelamatan terbaik Di Liga Top Eropa.

  • Jan oblak – Atletico Madrid (96%)
Kiper dengan penyelamatan terbaik - Jan oblak

Soal rasio penyelamatan terbaik, Jan Oblak masih meempati posisi teratas. Jan oblak merupakan salah satu kiper dengan penyelamatan terbaik di Eropa. Kiper Atletico Madrid ini nyaris memiliki nilai 100 persen.

Karier cemerlang dari Jan oblak sudah diperlihatkan selama enam musim di bawah naungan payung Atletico Madrid. Jan oblak juga berperan besar dalam catatan yak terkalahkan sejak liga bergulir kembali setelah vacum akibat pandemi.

Dari sembilan pertandingan yang sudah dimainkan oleh Jan oblak pada La Liga 2020-2021, kiper asal Slovenia ini baru kebobolan 2 gol. Tak heran jika aksi Jan oblak di lapangan sering kali membuat penyerang lawan merasa frustasi atas keberadaaannya.

  • Keylor Navas – PSG (94,1%)
Kiper dengan penyelamatan terbaik - Keylor Navas

Kiper dengan penyelamatan terbaik selanjutnya adalah Keylor Navasa. Kiper yang berasal dari Costa Rica ini menemukan kembali performa terbaiknya bersama PSG.

Kiper 34 tahun ini, pada musim ini memiliki rasion penyelamatan yang mencapai angka 94,1%. Bahkan dari delapan laga di Liga Prancis, Keylor Navas hanya baru kemasukan 4 gol.

Keylor Navas mencatatkan enam kali clean sheet dari 720 menit bermainnya bersama PSG musim ini. Keylor Navas sebelumnya merupakan kiper dari Real Madrid yang cukup berperan besar dalam kesuksesan Real Madrid meraih gelar beruntun Liga Champions.

  • Marco Silvestri – Hellas Verona (88,2%)
Kiper dengan penyelamatan terbaik - Marco Silvestri

Kiper dengan penyelamatan terbaik Di Liga Top Eropa selanjutnya adalah Marco Silvestri. Marco Silvestri saat ini bergabung dalam tim Hellas Verona yang mana tim tersebut memegang rekor pertahanan terbaik di Liga Italia. Hellas Verona hanya kebobolan tujuh gol dari sembilan pertandingan setara Juventus.

Bukan tanpa alasan, kemenangan Hellas Verona tak lain berkat Marco Silvestri yang berhasil mengumpulkan jumlah rasio penyelamatan bola sebanyak 88,2%.