Kiper Terbaik Liga Inggris

Siapakah kiper terbaik Liga Inggris? Mungkin nama-nama seperti Kepa Arrizabalaga, David De Gea dan Enderson menjadi nama-nama yang akan dijawab oleh fans Liga Inggris untuk menjawab pertanyaan di atas. Tapi apakah benar demikian?

Kiper Terbaik Liga Inggris - Kepa Arrizabalaga

Kepa memiliki status sebagai kiper termahal di dunia membuatnya wajib tampil dengan performa terbaik pada setiap penampilannya bersama Chelsea.

Di Liga Inggris 2018-2019, Kepa turun di 36 pertandingan dengan catatan 14 clean sheet. Catatan itu bukan tak mungkin bakal membaik seiring semakin padunya eks penjaga gawang Athletic Bilbao itu dengan sederet pemain belakang Chelsea. Tapi, apakah benar seorang kepa Arrizabalaga adalah kiper terbaik Liga Inggris?

Bisa dibilang, seorang kiper memiliki peran penting dalam menjaga ketahanan dan tanggung jawab yang dimiliki lebih besar daripada pemain lain. Jika sekali saja membuat blunder, seorang kiper akan terus menerus menjadi bahan bully. Berbeda dengan pemain lain yang gagal menyelesaikan peluang.

Menurut halaman resmi Liga Inggris, gelar kiper terbaik Liga Inggris jatuh kepada Martin Dubravka.

Kiper Terbaik Liga Inggris - Martin Dubravka

Kiper Newcastle United ini mampu membuktikan jika nama-nama yang popular di lapangan bukan jadi jaminan untuk bisa menjadi kiper terbaik Liga Inggris.

90 penyelamatan bola yang Martin Dubravka lakukan sepanjang musim lalu menjadikannya kiper terbaik Liga Inggris. Bila saja nama Martin Dubravka bisa bermain unutuk tim-tim besar seperti Manchester City atau Liverpool, pasti semua orang akan setuju dengan statistik yang tercatat oleh Liga Inggris tersebut.

Tapi meskipun angka penyelamatan bola terbanyak di Liga Inggris, ternyata jumlah gol yang bersarang di gawang Newcastle juga cukup banyak. Dalam 22 pertandingan yang dimainkan, New Castle telah kebobolan sebanyak 34 gol.

Selain nama tersebut, Liga Inggris juga mencatat nama Bernd Leno dari Arsenal dan juga Mat Ryan dari Brighton Hove Albion. Kedua nama tersebut masing-masing mencatatkan 83 dan 80 penyelamatan untuk klubnya. Terpaut lumayan jauh dengan kiper timnas Slovakia tersebut.

Leno sendiri berhasil tampil gemilang bersama Arsenal musim ini. Meskipun pada awal musim dirinya kerap melakukan beberapa kesalahan yang membuat Arsenal kehilangan poin, tetapi sejak Mikel Arteta menjadi pelatih The Gunners penampilannya berangsur membaik.

Nama terakhir yang menjadi penjaga gawang yang baru saja menggalang dana untuk bencana kebakaran di Australia, didatangkan dari Valencia di tahun 2017 lalu dan hal ini yang menjadi kunci pertahanannya di Bringhton Liga Inggris hingga saat ini.