Komentar Messi Tentang Liga China

Lionel Messi keluarkan komentarnya soal dunia sepakbola di negara China. Bagi pemain bintang Barcelona tersebut, sepakbola telah alami kemajuan di negara tirai bambu tersebut.

Baru-baru ini Messi ada di China untuk adakan promosi taman rekreasi Messi Experience Park (MEP) yang bakal diresmikan di Nanjing pada awal tahun 2019. Sepanjang dirinya berada di China, pemain yang saat ini sudah berumur 30 tahun tersebut pun bicara soal kemajuan dunia sepakbola di sana.

Messi katakan langsung pada ESPN China. Tetapi, apa yang Messi ketahui soal sepakbola China baru sesuai dengan cerita dari temannya di tim nasional Argentina Ezequiel Lavezzi, yang tampil bersama Hebei China Fortune FC di ajang Liga Super China.

“Kami sering berbicara tentang sebuah perubahan (gaya hidup) dan sepakbola di negri China. Ada banyak di antara kami yang beri respon tentang perubahan dan seperti apa ia (Lavezzi) melangsungkan kehidupan dan seperti apa rasanya tampil di ajang liga China,” imbuh Messi.

“Saya menganggap kalau Liga China telah banyak alami kemajuan, dan telah berikan sebuah efek yang besar di dunia sepakbola, ini memperlihatkan sebuah hal yang penting,” lanjut dia.

Messi pun memberi penjelasan kalau sampai saat ini ia telah sering kali hadir di China. Salah satunya ketika sedang melangsungkan tur bersama Barcelona pada tahun 2013. Tetapi, tiap kali pergi ke China ia tidak sempat ada waktu untuk kenal lebih jauh tentang sepakbola China.

“Saya telah sering datang ke tempat ini dan saya biasanya cuma datang saja di sejumlah hari. Kami hadir untuk tampil dan lakukan latihan dan hal tersebut tak berikan kami peluang untuk tahu daerah sekitar, tetapi lewat apa yang saya sudah saksikan, negeri ini telah bikin saya merasa terkesan,” kata dia.

Lavezzi bukan pemain sepakbola top yang satu-satunya melanjutkan karier di China. Sampai saat ini ada Carlos Tevez (Shanghai Shenhua F.C), Oscar (Shanghai SIPG), Ramirez (Jiangsu Suning), Alexandre Pato (Tianjin Quanjian FC), dan pelatih Andre Villas-Boas (Shanghai SIPG) yang ikut melanjurkan masa depannya di China.

Skip to toolbar