Manakah Yang Lebih Unggul Di Derby Della Capitale, AS Roma Atau Lazio?

AS RomaLiga Italia Serie A pekan ke-13 akhir pekan ini akan dipanaskan dengan laga derby antara AS Roma dan Lazio. Di kesempatan lainnya, ada juga bigmatch antara Napoli dan AC Milan.

Setelah tim nasional Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018, perhatian akan teralih ke Serie A akhir pekan ini. Akan ada laga sengit antara dua tim ibu kota di Stadion Olimpico, Minggu (19 November 2017) dinihari WIB mendatang.

Terlepas dari posisi kedua tim di klasemen, pertandingan Derby della Capitale selalu berjalan dengan tensi tinggi. Kini AS Roma dan Lazio sedang bersaing ketat di tangga klasemen, pertandingan akhir pekan nanti pun dipastikan akan berlangsung lebih sengit.

Lazio sedikit unggul di klasemen dengan perolehan 28 poin dari 11 pertandingan dan duduk di peringkat empat. Sementara AS Roma tepat berada satu tingkat di bawahnya dengan selisih satu poin. Baik AS Roma maupun Lazio sama-sama punya satu pertandingan tunda untuk dimainkan.

Menilik tren performa kedua tim sejauh ini, Lazio boleh jadi sedikit lebih diunggulkan ketimbang AS Roma. Di bawah arahan Simone Inzaghi, Il Biancocelesti muncul sebagai salah satu tim yang bersaing di papan atas. Usai menelan kekalahan atas Napoli di pekan ke-5, Lazio menyapu bersih sembilan pertandingan berikutnya di semua kompetisi dengan kemenangan.

Lazio juga sangat produktif dalam mencetak gol. Sejauh ini, Ciro Immobile dan kawan-kawan sudah berhasil mencetak 31 gol dalam 11 laga di Serie A, hanya kalah dari Juventus (35 gol) dan Napoli (32 gol) yang sama-sama sudah memainkan 12 pertandingan. Immobile sendiri juga patut diwaspadai karena sedang on fire. Pemain tim nasional Italia itu untuk sementara ada di puncak daftar topskorer Serie A dengan 14 gol.

Di sisi lain, AS Roma bersama Eusebio Di Francesco sejauh ini sudah menelan dua kekalahan dalam 11 pertandingan. Mengenai produktivitas, Il Giallorossi sejauh ini jadi tim dengan jumlah gol paling sedikit di antara tim-tim di lima besar (21 gol).

Kelebihan AS Roma adalah di sektor pertahanan. Solidnya barisan pertahanan yang dikomandoi oleh Federico Fazio dkk. serta performa prima Alisson Becker di bawah mistar gawang membuat I Lupi sejauh ini baru kebobolan tujuh gol, paling sedikit di Serie A. Mereka juga mencatat tujuh kali clean sheet.

Skip to toolbar