Pasif Belanja, Conte Pertanyakan Ambisi Tottenham

Antonio ConteManajer Chelsea, Antonio Conte mempertanyakan ambisi Tottenham Hotspur sebagai sebuah klub. Karena Tottenham Hotspur begitu pasif di bursa transfer musim panas kali ini, Conte menilai The Lilywhites kurang serius mengejar gelar.

Di antara tim-tim papan atas Premier League, Tottenham Hotspur memang yang paling pasif di bursa transfer musim panas ini. The Lilywhites belum merekrut satu pun pemain baru dan justru kehilangan bek andalan mereka, Kyle Walker, yang dijual ke Manchester City beberapa waktu lalu. Mereka beralasan belum menemukan pemain yang tepat dan lebih memilih untuk memberi kesempatan pada bakat-bakat mudanya.

Pada saat yang bersamaan, Chelsea yang berstatus juara bertahan sudah merekrut beberapa pemain berlabel bintang seperti Antonio Ruediger, Tiemoue Bakayoko, dan Alvaro Morata. Sementara itu, Manchester United mendatangkan Victor Lindelof dan Romelu Lukaku, Arsenal membeli Alexandre Lacazette, sedangkan Liverpool merekrut Dominic Solanke dan Mohamed Salah.

Manchester City justru lebih lebih boros lagi. The Citizens sudah menghabiskan dana lebih dari 200 juta poundsterling untuk berbelanja beberapa pemain seperti Ederson Moraes, Bernardo Silva, Benjamin Mendy, Kyle Walker, dan Danilo.

Menurut Conte, sebuah klub top memang harus berani melakukan belanja pemain agar bisa memenuhi target tinggi. Oleh karena itu, manajer berkebangsaan Italia ini mempertanyakan apa yang sebenarnya diincar oleh Tottenham Hotspur.

“Jika mereka gagal memenangkan titel, itu bukan sebuah tragedi. Jika mereka tak lolos ke Liga Champions, itu bukan tragedi. Jika mereka gagal lolos dari fase group Liga Champions, itu bukan tragedi. Jika mereka tersingkir setelah pertandingan pertama yang mereka jalani di Liga Europa dan disingkirkan Gent, itu juga bukanlah tragedi,” kata Conte seperti dikutip BBC.

“Jika hal itu terjadi pada Chelsea, Arsenal, Manchester City, Manchester United, dan mungkin Liverpool, itu adalah tragedi. Anda harus bisa memahaminya. Anda harus memahami status tim,” lanjut Antonio Conte.

“Setiap tim harus tahu bagaimana kondisi mereka. Jika ambisi mereka adalah bersaing memperebutkan titel atau berusaha memenangkan Liga Champions, Anda harus berani berbelanja pemain-pemain mahal. Kalau tidak, Anda akan tetap berada di level Anda. Sederhana,” kata Antonio Conte.

Skip to toolbar