Persaingan untuk Memperebutkan Gelar Ballon d’Or 2015

Persaingan untuk Memperebutkan Gelar Ballon d’Or 2015

Persaingan untuk Memperebutkan Gelar Ballon d’Or 2015

Daftar nama nominator peraih Ballon d’Or 2015 telah bocor ke media dan juga publik. Kesuksesan Barcelona merebut Treble Winner menjadikan para pemainnya mendominasi deretan nominasi pemain terbaik dunia tersebut. Dari data yang dibeberkan beberapa media besar Eropa, para punggawa Barcelona mendominasi daftar peraih Ballon d’Or 2015 dengan 7 pemain. Total terdapat 59 nama nominator yang kemudian akan disaring menjadi 23 nama saja pada bulan Desember nanti.

Nama-nama langganan seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo hingga Zlatan Ibrahimovic masih menghiasi daftar sementara tersebut. Pemilihan pemain ini sendiri akan dilakukan oleh seluruh pelatih dan pemain anggota resmi FIFA, serta jurnalis-jurnalis terpilih dari seluruh federasi tersebut. Daftar nominasi Ballon d’Or 2015 ini sendiri disusun oleh tim Football Committee yang terdiri dari Presiden Uefa  Michel Platini, petinggi Premier League Richard Scudamore, Harry Kewell dan Pele. Kandidat kuat peraih Ballon d’Or tahun ini tidak lain dan tidak bukan adalah Lionel Messi.

Messi menjadi aktor kunci dalam kesuksesan Barcelona merengkuh tiga gelar bergengsi di musim 2014/2015, yaitu juara La Liga Spanyol, juara liga Champions, dan juara Copa del Rey. Jika berhasil merebut gelar Ballon d’Or tahun ini, Messi akan menjadi pemain pertama yang mampu merebut gelar Ballon d’Or. Pesaing terdekat Messi adalah peraih gelar Ballon d’Or musim lalu yang juga merupakan rival abadinya, yaitu Crisitiano Ronaldo. Sayangnya peforma Ronaldo di tahun 2015 kurang meyakinkan karena gagal membawa klubnya, Real Madrid meraih prestasi terbaik.

Nama lain yang menjadi pesaing Messi adalah Arturo Vidal. Gelandang Bayern Munchen ini meraih prestasi gemilang bersama mantan klubnya Juventus dan negaranya. Bersama Juventus, Vidal mempersembahkan 2 gelar domestik, Scudetto Italia dan Coppa Italia. Di level Negara, Vidal berhasil mengantarkan Chile menjadi kampiun Copa America 2015 setelah di final mengkandaskan perlawanan Argentina.

Nama-nama besar lain yang ikut meramaikan persaingan perebutan Ballon d’Or tahun ini antara lain; Andres Iniesta, Luis Suarez, Neymar, Gareth Bale, Sergio Ramos, Paul Pogba, Andrea Pirlo, Carlos Teves, Robert Lewandowski, Manuel Neuer, Yaya Toure, Diego Costa, Zlatan Ibrahimovic, Wayne Rooney, dan masih banyak lagi. Pembacaan pemenang sendiri akan dilakukan di markas besar FIFA di Swiss, yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2016 nanti.

Skip to toolbar