Pertahanan Liverpool Yang Masih Amat Rapuh

LiverpoolKekalahan atas Tottenham Hotspur memperlihatkan bahwa Liverpool masih belum bisa mengatasi masalah yang sedang mereka alami dalam beberapa waktu terakhir: secara umum dalam persoalan pertahanan.

The Reds menelan kekalahan telak 1 – 4 ketika dijamu oleh The Lilywhites di stadion Wembley, Minggu (22 Oktober 2017) malam WIB. Untuk Liverpool, ada hal yang sudah biasa dalam permainan mereka.

Bukan apa-apa, bobolnya gawang Liverpool dalam pertandingan ini tidak lepas dari kesalahan-kesalahan individu, secara khusus penjaga gawang yang gagal dalam mengantisipasi bola mati.

“Ada kesalahan individu yang dilakukan oleh Dejan Lovren, yang kemudian digantikan pada menit ke-31 setelah memberi hadiah dua gol awal kepada Tottenham Hotspur,” tulis Sky Sports.

Setelah itu gol ketiga dan keempat yang membobol gawang The Reds kembali memperlihatkan kegagalan mengantisipasi bola mati, dengan sang penjaga gawang, Simon Mignolet juga memperlihatkan kekeliruan besar dalam gol terakhir The Lilywhites.

“Ini merupakan penampilan yang sering diperlihatkan oleh seorang Simon Mignolet,” ujar Gary Neville, seorang analis dari Sky Sports, ketika berkomentar soal gol Harry Kane ke gawang Mignolet.

Dalam catatan yang dilansir oleh Sky Sports, Mignolet sudah membuat 13 kesalahan yang berujung pada gol tim lawan di Premier League semenjak debut untuk Liverpool pada Agustus 2013 silam. Itu merupakan jumlah terbanyak pada periode tersebut.

Ketidakmampuan Liverpool dalam mengantisipasi situasi-situasi bola mati juga mendapatkan sorotan. Semenjak Oktober 2015 silam, Sky Sports mencatat bagwa sudah 30 kali gawang Liverpool kebobolan melalui situasi bola-bola mati.

Jumlah kebobolan gol dari situasi bola mati semenjak Oktober 2015:
Liverpool

“Kekalahan kami kali ini adalah kesalahan dari kami sendiri,” ujar Manajer Liverpool Juergen Klopp kepada Sky Sports, dalam konferensi pers setelah laga melawan Tottenham Hotspur

Kekalahan ini menempatkan Liverpool ke posisi 9 klasemen sementara premier League dengan perolehan 13 poin, sementara Tottenham ada di peringkat 3 dengan perolehan 20 poin, sama dengan Manchester United yang ada di peringkat 2.

Skip to toolbar