Pesepakbola Kulit Hitam Pertama di Dunia

Mungkin beberapa orang bertanya Pesepakbola Kulit Hitam Pertama di Dunia? Nama Arthur Wharton menjadi salah satu nama yang bercerita sebagai pesepakbola kulit hitam pertama di dunia.

Menjadi misionaris yang darang dari Ghana menuju Inggris, Arthur Wharton malah sukses meniti karier sebagai pemain bola kulit hitam profesional pertama di dunia.

Arthur Wharton lahir pada 28 Oktober 1865 di Jamestown, Ghana. Arthur Wharton sudah dinobatkan dalam English Footbal Hall of Fame di tahun 2003 silam berkat jasanya dalam sepakbola Inggris.

Jejaknya Arthur Wharton dalam sejarah olahraga terpopuler di dunia itu, semakin dikuatkan dengan temuan foto dan dokumen yang rencananya akan dipublikasikan pihak keluarga dalam Antiques Roadshow, acara televisi seputar penelitian benda-benda antik di Inggris.

Pesepakbola Kulit Hitam Pertama di Dunia, Arthur Wharton

Pada awalnya, Arthur Wharton mendatangi Inggris bukan untuk menjadi pemain sepakbola. Melainkan Arthur Wharton dikirim ke Inggris oleh sang ayah untuk mendalami agama sebagai misionari metodis. Arthur Wharton tiba di Cannock, Staffordshire pada tahun 1882. Saat datang ke sana, Arthur Whartonmendalamai ilmu atletik yang mana hal itu membuatnya memenangkan kejuaraan nasional Asosiasi Atletik Amati selama 2 tahun berturut-turut.

Pada tahun 1885 Arthur Wharton beralih ke sepakbola dengan bergabung dengan klub Darlington sebagai pemain amatir. Saat itu Arthur Wharton menjadi penjaga gawang.Tak lama berselang, Arthur Wharton membuat Preston Noerth End kepincut dengan kemampuannya yang kemudian dirinya direkrut oleh tim tersebut.

Pada 1889, Wharton meneken kontrak profesional dengan klub Rotherham Town. Ini yang pertama untuk seorang pemain berkulit hitam di dunia. Dia kemudian bergabung dengan Sheffield United pada 1894 dan bermain di First Division, divisi teratas Liga Inggris kala itu.

Meskipun sepanjang kariernya sebagai pesepakbola sejak 1885-1904 Arthur Wharton tidak pernah memenangkan trofi, namun nama Arthur Wharton selalu dikenang oleh rekan-rekannya karena karakternya yang unik dan kebiasaannya menangkap bola dengan kaki sambil bergelantungan di tiang gawang.

Rupanya, Arthur Wharton bukan hanya lihai dalam bermain sepak bola, Arthur Wharton merupakan atlet yang serba bisa. Pada tahun 1914 Arthur Wharton memutuskan untuk mundur dari dunia olaahraga dan bekerja sebagai penambang di Yorkshire Selatan.

Arthur Wharton menutup usia pada 13 Desember 1930. Diketahui Arthur Wharton meninggal dalam keadaan miskin. Namun pada tahun 1997 lalu, makam Arthur Wharton mengalami renovasi sebagai salah satu bentuk kampanye antirasisme dalam sepakbola yang dikelola Football Unites, Racism Divides.

Nama Arthur Wharton menjadi sejarah Pesepakbola Kulit Hitam Pertama di Dunia.