Sejarah Singkat Klub Elit Belanda Feyenoord Rotterdam

sejarah Singkat Klub Feyenoord Rotterdam

sejarah Singkat Klub Feyenoord Rotterdam

Belanda merupakan salah satu Negara yang memiliki tim sepakbola terhebat. Meski belum pernah memenangi Piala Dunia, timnas Belanda selalu dianggap sebagai salah satu raja sepakbola Eropa. tak hanya timnasnya, klub-klub dari liga Belanda juga banyak yang disegani di kawasan Eropa maupun dunia. Salah satu klub terhebat yang ada di negeri kincir angin adalah Feyenoord Rotterdam. Klub ini berdiri pada 19 Juli 1908. Bersama Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven, Feyenoord merupakan 3 klub paling sukses di liga Belanda. Total, Feyenoord telah mengkoleksi 14 gelar liga Belanda.

Sebelum bernama Feyenoord, nama dari klub ini adalah Wilhelmina, sebelum berganti menjadi SC Feijernoord di tahun 1912. Nama klub ini kembali berubah menjadi SC Feyenoord pada tahun 1974. dan pada tahun 1978, namanya kembali berubah menjadi Feyenoord Rotterdam hingga sekarang. Gelar pertama yang diraih oleh klub yang bermarkas di De Kuip Stadium ini adalah gelar liga Belanda pada tahun 1924. Sejak saat itu, Feyenoord menikmati masa-masa kesuksesan dengan meraih gelar di tahun 1926, 1927, 1928 dan 1929.

Feyenoord juga sukses meraih gelar piala Belanda pertamanya pada tahun 1930. Secara keseluruhan, di komeptisi domestik Feyenoord sukses meraih 14 gelar liga Belanda dan 11 gelar KNVB Cup atau Piala Belanda. Di level internasional, Feyenoord pernah merasakan gelar European Cup atau sekarang setara dengan liga Champions Eropa. Di perhelatan final European Cup tahun 1970 tersebut, Feyenoord sukses mengalahkan raksasa Skotlandia, Glasgow Celtic dengan skor 2-1 lewat babak perpanjangan waktu.

Selain meraih gelar European Cup, Feyenoord juga pernah merasakan gelar UEFA Cup atau sekarang setara dengan Europa League pada tahun 1974 dan 2002. Feyenoord juga menambah koleksi gelar internasionalnya dengan meraih gelar Intercontinental Cup di tahun 1970. Tak hanya menjadi salah satu klub tersukses di Belanda, Feyenoord juga sukses melahirkan bintang-bintang sepakbola yang tak hanya bersinar di Belanda tapi juga Dunia.

Beberapa bintang yang pernah dilahirkan oelh Feyenoord diantaranya; Ruud Gullit, Henrik Larsson, Giovanni van Bronckhorst, Robin van Persie, Dirk Kuyt, hingga Jerzy Dudek. Kini, Feyenoord masih berjuang untuk meraih gelar Eredivisie musim 2015/2016. Seperti sudah menjadi tradisi, Feyenoord harus bersaing ndeng Ajax dan PSV untuk meraih gelar liga Belandanya yang ke-15.

Skip to toolbar