Sekelumit Sejarah Klub Borrusia Dortmund

Sekelumit Sejarah Klub Borrusia Dortmund

Borrussia Dortmund merupakan salah satu klub tersukses dari Jerman. Koleksi trofi di kompetisi domestik dan juga internasional dari klub yang bermarkas di Signal Iduna Park ini juga sangat banyak. Dortmund tercatat sebagai pengkoleksi gelar Bundesliga terbanyak, setelah Bayern Munchen.

Klub ini sangat identik dengan dukungan suporternya. Menurut data, suporter resmi yang terafiliasi dengan klub jumlahnya mencapai 115.000 orang. Dalam beberapa tahun terakhir, Dortmund merupakan klub yang memiliki jumlah penonton stadion terbanyak di Eropa. Tak heran jika suporter Dortmund menjadi roh yang turut membangun klub ini.Dortmund sendiri resmi berdiri pada tanggal 19 Desember 1909.

Para pendirinya adalah beberapa pemuda gereja yang tidak puas dengan para tetua gereja yang mensponsori sebuah turnamen sepakbola. Sebelum memakai kostum berwarna kuning hitam seperti sekarang, Dortmund di awal masa pendiriannya memakai warna biru strip putih, dengan kombinasi celana warna merah. Penggunaan warna kuning kombinasi hitam sendiri baru dilakukan pada tahun 1913.
Semenjak saat itu, Dortmund memulai petualangannya sebagai klub sepakbola Jerman. Dortmund mulai berlaga di di liga nasional Jerman dan sukses memenangi liga di tahun 1956 dan 1957.
Setelah itu, Dortmund masuk dalam nominasi klub yang bisa berkompetisi di liga baru yang lebih profesional bentukan asosiasi sepakbola Jerman (DFB).

Di awal berdirinya liga Jerman yang kita kenal seperti sekarang, tepatnya pada tahun 1962, Dortmund merupakan satu dari 15 tim lain yang mendapat kesempatan menjajal format baru liga Jerman yang lebih professional, yang diberi nama Bundesliga.
Hanya butuh waktu setahun bagi Dortmund untuk menggondol gelar Bundesliga pertamanya, tepatnya pada tahun 1963. Setelah itu, Dortmund butuh 21 tahun untuk kembali merasakan manisnya gelar juara Bundesliga, tepatnya pada musim 1994-1995. Hingga saat ini Dortmund telah mengkoleksi 8 gelar Bundesliga, dimana gelar terakhir didapat pada musim kompetisi 2011-2012.

Selain sukses merengkuh gelar liga Jerman, Dortmund juga sering menjuarai kompetisi Eropa. Tercatat, Dortmund pernah sekali memenangi gelar bergengsi Liga Champions Eropa di tahun 1997 dan juga 4 gelar juara UEFA Cup & Winner Cup (Setara Europa League).
Bersama Bayern Munchen, Dortmund merupakan salah satu klub Jerman tersukses yang berhasil memenangi banyak kompetisi dan kejuaraan sepakbola domestik maupun internasional. Nama Borrusia Dortmund akan selalu disegani oleh para lawan di Bundesliga maupun di level Eropa

Skip to toolbar