Seolah Menggeser Pemain Lokal, Harian Tiongkok Kompak Keluhkan Dominasi Pemain Asing

Pargelaran liga tertinggi Tiongkok atau biasa dikenal dengan sebutan Chinese Super League (CSL) belum lama ini tengah digelar, tepatnya pada akhir minggu kemarin. Hampir seluruh publik negara tersebut berfokus melihat pertandingan-pertandingan yang digelar pada malam itu.

Seolah Menggeser Pemain Lokal, Harian Tiongkok Kompak Keluhkan Dominasi Pemain Asing

Turnamen yang sekarang ini jelas terasa berbeda dan daya tarik untuk menonton menjadi lebih besar. Hal itu jelas bukan tanpa sebab, ini semua terjadi dikarenakan hasil dari belanja super besar yang telah dilakukan oleh beberapa klub disana. Belanja super besar itu terjadi ketika mereka mendatangkan beberapa pemain kelas dunia yang berasal dari Eropa, dengan demikian hampir seluruh tim yang berlaga di liga Tiongkok, pastinya ada pemain asing dari luar negeri.

Namun sayang, dengan harapan mendapat sambutan yang meraih dari kalangan publik maupun media hilang. Kabar terbaru menyebutkan jika seluruh harian lokal asal Tiongkok terlihat kompak membuat berita terkait dominasi pemain asing yang berada diliga tersebut. Berita berdasarkan apa yang akan terjadi pada nantinya, dimana pemain lokal akan sulit mendapatkan kesempatan untuk berkembang menjadi lebih baik.

Berita ini bukan tanpa bukti, kita bisa melihat pada pekan pertama ISL Tiongkok musim ini. Dari beberapa pertandingan yang sudah digelar, tercatat 16 gol berhasil diciptakan. Namun dari deretan jumlah gol yang sudah dibuat, semuanya adalah hasil dari kerja pemain asing dan tidak ada satupun gol yang dibuat oleh pemain lokal.

Salah satu harian ternama Guangzhou Daily terlihat yang paling mengkecam atas aksi-aksi klub asal Tiongkok yang besar-besaran mendatangkan pemain asing pada musim ini dan tidak ketinggalan mereka membuat beberapa kritikan pedas yang berisikan sebagai berikut: “Dari sudut pandang yang logis atas perkembangan sepakbola di Tiongkok, maka semua itu adalah awal keterburukan liga disini.”

Alex Teixeira

Sedangkan pemain asing bernama lengkap Alex Teixeira berhasil muncul sebagai idola baru liga Tiongkok, ini berdasarkan jumlah gol yang dia buat dalam satu pertandingan. Tidak tanggung-tanggung Alex membuat dua gol pertamanya disana dan kemenangan tersebut dia persembahkan untuk Jiangsu Suning klub yang dia bela bersama dengan mantan pemain Chelsea, Ramires. Di lain sisi, hal tersebut juga terjadi terhadap Jackson Martinez yang berhasil membuat debut manisnya dengan berhasil mencetak gol pertama ke gawang Guangzhou Evergrance berhadapan dengan Chongqing Lifan dengan skor akhir 2-1.

Skip to toolbar