Sinar Rooney Belum Padam

Wayne RooneyWayne Rooney ternyata belum habis. Performanya bersama Everton belakangan ini membuktikan Rooney pantas disebut striker kelas dunia.

Ketika Manchester United merekrut Romelu Lukaku musim panas lalu, Rooney sadar jika waktunya bersama klub yang dia perkuat selama satu dekade terakhir sudah habis. Apalagi performanya sudah tidak sehebat dulu lagi.

Selama dua musim terakhir di MU, Rooney hanya berhasil mencetak 23 gol di seluruh ajang kompetitif. Bahkan khusus di Premier League, torehan gol Rooney hanya delapan di musim 2015/2016 dan lima gol di musim 2016/2017.

Wajar banyak yang menilai karier Rooney sebagai pesepakbola sudah berakhir. Tapi Everton datang untuk menyelamatkan mantan pahlawannya itu. Rooney mungkin tahu hanya Everton, klub masa kecilnya, yang bisa membuatnya bertaji lagi. Banyak yang meragukan jika Rooney bisa kembali tajam.

Apalagi Rooney datang menggantikan Lukaku, sosok penyerang tajam milik Everton sejak 2013. Seiring berjalannya musim ini, Rooney membuktikan jika dia masih layak diandalkan. Memang performa Everton yang buruk di awal musim dan berujung dipecatnya Ronald Koeman sempat membuat performa Rooney merosot. Tapi seiring kedatangan Sam Allardyce sebagai manajer baru, Rooney bangkit.

Satu gol dan dua assist dibukukan oleh pemain asal Inggris ini saat Everton mengalahkan Swansea City dengan skor 3 – 1, Selasa (19 Desember 2018) dinihari WIB. Itu merupakan gol keenam Rooney dari lima pertandingan terakhirnya.

Total Rooney sudah mencetaki 10 gol dari 16 penampilannya di Premier League musim ini, sama dengan gol Lukaku di liga musim ini. Perubahan posisi bermain dari striker ke gelandang serang disebut-sebut jadi alasannya.

“Memasuki fase baru dalam karier saya, saya rasa ini adalah posisi terbaik untuk saya. Saya bisa menentukan kapan harus berada di kotak penalti dan kapan harus berada di luar untuk mengatur permainan,” ungkap Wayne Rooney seperti yang dilansir Soccerway.

Skip to toolbar