Stadion Terburuk di Dunia, Indonesia Termasuk!

Ada banyak sekali stadion sepakbola yang terkenal dengan kemegahan dan fasilitasnya yang sangat mewah dan lengkap. Bahkan tak jarang ada stadion yang masuk ke dalam daftar stadion terbaik di dunia. Namun begitu sebaliknya, ada beberapa Stadion yang masuk ke dalam daftar stadion terburuk di dunia.

Camp Nou (Barcelona), Santiago Bernabeu (Real Madrid), Old Trafford (Manchester United), Anfield (Liverpool), Allianz Arena (Bayern Muenchen), dan Allianz Stadium (Juventus) adalah nama-nama stadion yang masuk ke dalam daftar stadion terbaik di dunia.

Bukan hanya megah, stadion-stadion tersebut memiliki kisah sejarah sepakbola yang bernilai dan juga fasilitasnya yang luar biasa. Tak heran jika stadion tersebut pernah digunakan untuk menggelar pertandingan internasional.

Namun di sisi lain ada cukup banyak pula stadion yang dianggap buruk. Hal ini disebabkan oleh kondisi yang sangat memprihatinkan. Lantas, stadion mana sajakah yang masuk ke dalam stadion terburuh di dunia?

  1. Stadion Benteng, Tangerang Indonesia
Stadion Terburuk di Dunia - Stadion Benteng

Stadion Terburuk di Dunia yang pertama adalah Stadion Benteng yang terletak di Tangerang, Indonesia. Stadion yang menjadi kandang dari dua klub sepakbola Persita dan Persikota Tangerang ini memiliki kapasitas penonton sekitar 20.000 kursi.

Fasilitas yang dimiliki bisa terbilang buruk, padahal Stadion Benteng Tangerang sejatinya dimiliki oleh pemerintah Kota Tangerang. Hal ini disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang belum memiliki fokus untuk memperbaiki dan melengkapi stadion ini.

2. Mbomble Stadium, Afrika Selatan

Stadion Terburuk di Dunia - Mbomble Stadium

Pernah menjadi salah satu arena yang digunakan dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, stadion Mbomble Stadium masuk ke dalam daftar stadion terburuk di dunia.

Sejak masa pembangunnanya, stadion ini sudah memiliki banyak skandal dan persoalan. Bahkan status pembangunan dari Mbomble Stadium sendiri memiliki perizinan palsu. Bahkan, usut punya usut, stadion Mbomble Stadium dibangun menggunakan izin pembangin sekolah dan perumahan.

  1. Lluis Sitjar Stadium, Mallorca, Spanyol
Stadion Terburuk di Dunia - Lluis Sitjar Stadium

Stadion terburuk di dunia berikutnya berasal dari kota Mallorca, Spanyol. Stadion ini semula milik dari klub RCD Mallorca dan diresmikan pada 1945. Pada awal pembukaannya, stadion ini mampu menampung sekitar 18.000 penonton.

Namun, pada 1999 RCD Mallorca memutuskan untuk pindah dari stadion ini dan mencari stadion baru. Pada masa-masa ini, stadion berada dalam kondisi terburuknya dan terlihat sangat tidak terawat hingga terasa menyeramkan

4. Arena Pernambuco, Mallorca, Spanyol

Stadion Terburuk di Dunia - Arena Pernambuco, Mallorca, Spanyol

Stadion Arena Pernambuco di Spanyol ini pada awalnya adalah milik klub RDC Mallorca yang diresmikan pada 1945. Namun pada tahun 1999 RCD Mallorca memutuskan untuk pindah dari stadion Arena Pernambuco dan hal ini membuat stadion ini semakin memiliki kondisi yang buruk dan tidak terawat juga menyekramkan.

5. Ninh Binh Stadium, Vietnam

Stadion Terburuk di Dunia - Ninh Binh Stadium

Sebenarnya, lapangan Ninh Binh Stadium adalah lapangan yang multi-fungsi. Ada beberapa arena atletik yang bisa digunakan untuk pertandingan. Lapangan milik klub sepakbola asal Vietnam, XM The Vissal Ninh Binh ini bisa menampung 22.000 penonton. Namun stadium ini tidak layak untuk menggelar pertandingan sepakbola. Hal inilah yang membuat Ninh Binh Stadium masuk ke dalam daftar stadion terburuk di dunia.