Suporter Bola Terkompak di Indonesia

Suporter bola menjadi salah satu ikon penting di dalam olahraga yang memiliki peminat terbanyak di dunia saat ini. Di Indonesia sendiri, Sepak bola tidak bisa dipisahkan dari peran para suporter. Permainan sepak ola akan terasa hambar bila tidak ada suporter di dalamnya.

Tentunya hal ini memunculkan kelompok-kelompok fanatik yang dimiliki oleh beberapa tim sepakbola Indonesia. Mulai dari lagu-lagu kreatif hingga adu chants, suporter bola indonesia sering kali menyemarakkan atmosfer pertandingan bola.

Biasanya ada sosok-sosok panutan yang disegani atas loyalitasnya dalam mendukung sebuah klub karena mampu menggerakan masa dalam jumlah besar. Termasuk di Indonesia, perkembangan suporter bola sudah terbentuk dan terstruktur yang membuat mereka lebih mudah untuk dikendalikan. Berikut ini Parkirbus telah merangkum ulasan terkait Suporter Bola Terkompak di Indonesia.

The Jakmania

Suporter Bola Terkompak di Indonesia - The Jakmania

Kelompok supoerter fanatik Persija Jakrta ini bukanlah hanya kelompok suporter biasa, namun The Jakmania sudah berkembang menjadi sebuah organisasi yang cukup besar mengingat sudah cukup lama dibentuk pada 19 Desember 1997.

Para anggota resmi Jakmania dibekali dengan kartu anggota yang resmi dari pengurus. Kartu anggota organisasi ini membuat pengendalian para suporter lebih terstruktur. Mulai dari ketua umun dan pengurus yang lengkap dan rutin berganti setiap 3 tahun sekali membuat organisasi ini cukup matang menjadi klub Suporter Bola Terkompak di Indonesia.

Bobotoh

Suporter Bola Terkompak di Indonesia - Bobotoh

Musuh abadi Persija, Persib Bandung, juga memiliki kelompok supporter yang loyal dalam hal menyemangati klub yang berasal dari Bandung tersebut. Sebutan Bobotoh sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti orang-orang yang mendorong atau membangun semangat bagi orang lain.

Diririkan pada 12 Januari 197, Bobotoh memiliki mayoritas pendukung yang berasal dari Jawa Barat. Tidak hanya menghadiri pertandingan-pertandingan antar daerah, namun kelompok suporter ini kabarnya sudah mencapai mancanegara.

Bonek Mania

Suporter Bola Terkompak di Indonesia - Bonek Mania

Bonek adalah sebutan bagi suporter loyal pendukung Persebaya Surabaya. Klub soperter yang satu ini sudah eksis sejak akhir 80an. Dalam relasi sepak bola, Bonek adalah sahabat Bobotoh Persib Bandung.

Kata Bonek sendiri berasar dari akronim Bondho Nekat yang dalam bahasa jawa memiliki arti punya nekat. Kata bonek sendiri muncul akibat ulah para pendukung Persebaya sering kali menyambangi pertandingan di seluruh Indonesia dengan modal yang seadanya.

Hal ini juga yang membuat Bonek sering dicap negatif oleh masyarakat karena kerap melakukan penjarahan dan membuat onar. Namun seiring berjalannya waktu, anajemen Persebaya Surabaya di bawah komando Azrul Ananda pada 2017 berusaha untuk menghilangkan stigma negatif terhadap Bonek.