Tak Sesuai Ekspektasi, Ini Wonderkid yang Gagal

Di dalam setiap klub, pastinya ada tim pencari bakat yang bertugas untuk menemukan bibit-bibit unggul belia yang diprediksi akan sukses di masa depan. Bibit-bibit unggul ini biasanya disebut dengan wonderkid.

Ada banyak pemain yang usianya masih di bawah 20 tahun yang performanya sudah banyak mencuri perhatian. Tentunya, hal ini membuktikan bahwa usia muda bukanlah sebuah halangan untuk menjadi bintang lapangan.

Cristiano Ronaldo contohnya, dirinya bahkan sudah memulai karier sejak usianya masih menginjak 7 tahun. Selain CR7, Lionel Messi juga memiliki hal yang serupa, bahkan Messi sudah bermain untuk tim Newell’s Old Boys saat berusia lima tahun.

Tapi rupanya karier sepakbola tidaklah selalu berjalan mulus, ada juga beberapa nama pemain muda yang pernah digadang-gadang namun dirinya malah menjadi Wonderkid yang Gagal.

Lantas siapa sajakah pemain bola yang masuk ke dalam daftar Wonderkid yang Gagal versi Parkirbus? Berikut ulasannya

Alan Halilovic

Wonderkid yang Gagal - Alan Halilovic

Alan Halilovic menjadi nama pemain muda yang masuk ke dalam daftar wonderkid yang gagal. Nama Alan Halilovic digadang-gadang akan menjadi bintang masa depan untuk barcelona, bahkan Alan Halilovicsempat mendapat julukan Messi dari Kroasia.

Barcelona mendatangkan Alan Halilovic dari Dinamo Zagreb pada Juli 2014 lalu. Pada awal kariernya di Barcelona, Alan Halilovic tidak langsung masuk di skuat utama melainkan ia ditempatkan dulu di La Maisa.

Satu tahun setelahnya, Alan Halilovic diberikan kesempatan untuk masuk ke dalam skuat utama. Namun nyatanya, Alan Halilovic tidak mampu bersaing dengan rekan-rekannya. Hal ini membuat Alan Halilovic dipinjamkan ke beberapa klub. Saat ini Alan Halilovic menjadi milik AC Milan dan sedang dipinjamkan ke klub Herenveen.

Francis Jeffers

Wonderkid yang Gagal - Francis Jeffers

Francis Jeffers muncul sebagai pemain bola yang namanya sempat digadang-gadang sejak umur 16 tahun, saat itu namanya bertandang di bawah payung Everton U-23 pada 1997.

Francis Jeffers bermain apik bersama Everton dan hal ini yang membuat Arsenal terpincut. Namun ternyata ha ini tak berlangsung lama sebab Francis Jeffers harus kembali ke Everton setelah menjalani masa pinjamannya selama dua tahun ke Arsenal.

Pada musim 2012-2013, nasib Francis Jeffers di dunia sepak bola mengalami ketidak jelasan karena dirinya tidak memiliki klub. Bahkan beredar kabar, sepanjang karier sepakbolanya, Francis Jeffers pernah berganti-ganti klub sebanyak 14 kali. Menjadi wonderkid yang Gagal, Francis Jeffers akhirnya memutuskan untuk pensiun di usianya yang ke 35.

Freddy Adu

Wonderkid yang Gagal - Freddy Adu

Wonderkid yang gagal selanjutnya adalah Freddy Adu. Nama Freddy Adu yang sempat digadang-gadang bahkan sampai mendapat julukan sebagai Next Pele saat ini tidak bermain untuk klub manapun sejak tahun 2018 lalu.

Pemain kelahiran 2 Juni 1989 ini pernah menjadi atlet paling mudah di Amerika yang sudah terikat dengan tim Profesional, DC United di tahun 2004. Dua tahun berselang, Freddy Adu mendapat kesempatan menjalani trial bersama Manchester United selama dua minggu.

Nama Freddy Adu yang sudah memulai karier sepakbolanya sejak umur 14 tahun ini, ternyata tidak mampu untuk membuat Sir Alex Ferguson terkesan.